Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Musim Hujan dengan Tips Berikut

PrimaBerita – Jika sudah musim hujan, tubuh akan rentan terkena penyakit. Untuk itu sangat perlu untuk menjaga kondisi kesehatan saat musim hujan tiba.

Penyakit yang paling sering menghampiri saat musim hujan adalah flu dan demam yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Pergantian musim memaksa tubuh untuk bisa beradaptasi dengan musim tersebut.

Jika tidak bisa beradaptasi dengan musim yang terus menerus berganti akan menyebabkan penyakit. Menjaga kesehatan saat musim hujan bisa dilakukan dengan hal berikut.

Baca juga : Paling Ampuh! Cara Atasi Syaraf Terjepit di Leher

Berikut tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan

1. Menjaga Tubuh agar Tetap Hangat

Biasanya ketika tubuh basah terkena air hujan sangat mudah terkena virus flu. Tubuh yang kedinginan terutama di daerah kaki membuat kondisi menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Selain itu, ketika tubuh menjaga diri tetap hangat, dengan sendirinya akan membatasi aliran darah ke daerah kaki termasuk juga hidung.

Selain itu, kondisi hidung dingin menjadi tempat berkembangnya banyak virus. Dianjurkan, melindungi diri dengan memakai pakaian hangat ketika pergantian musim dan mengonsumsi makanan atau minuman hangat agar tubuh tidak kedinginan.

2. Mandi Air Hangat

Ketika terkena hujan, suhu tubuh akan ikut menurun dan rawan terkena penyakit.

Cara untuk mengatasinya dianjurkan untuk mandi dengan air hangat usai terjebak hujan, karena dapat meningkatkan suhu tubuh seperti semula.

Manfaatnya tidak hanya itu, tips ini juga bisa membantu menyingkirkan kuman dan melindungi tubuh dari infeksi. Jika tidak kuat mandi, disarankan setidaknya merendamkan kaki ke dalam air hangat juga sudah cukup.

Baca juga : 8 Manfaat Saffron, Rempah Termahal di Dunia bagi Kesehatan

3. Jaga Kebersihan Diri

Saat musim hujan tiba akan mengakibatkan kelembapan yang cukup tinggi, membaut kuman dan bakteri bekembang biak dengan mudah.

Cuaca yang dingin biasanya membuat orang menjadi malas membersihkan diri, hal ini yang bisa menyebabkan penyakit menjadi lebih mudah menyerang tubuh.

Cara yang lebih sederhana lagi yaitu rajinlah mencuci tangan. Karena biasa digunakan secara rutin, secara tidak sadar menjadi media paling umum untuk masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Untuk itu, mencuci tangan sangat dianjurkan sesering mungkin terutama saat ingin makan, sesudah dari toilet apalagi tempat ini merupakan sumber bakteri terbanyak.

Mencucinya tidak hanya dengan air, melainkan menggunakan sabun anti bakteri agar kuman yang bersarang di tangan bisa hilang.

Add a Comment