Muncul Benjolan di Dada, Apa Sih Penyebabnya?

benjolan di dada

PrimaBerita – Apakah anda sedang memiliki benjolan di bagian dada dan mengetahui penyebabnya? Penyebab benjolan tersebut bisa terjadi oleh karena beragam hal. Namun benjolan tak selalu berkaitan dengan kanker. Sebab ada kondisi medis lain yang bisa menjadi penyebabnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengenali beberapa penyebab dari benjolan di dada.

LIPOMA

Gumpalan jaringan lemak yang tumbuh tepat pada bagian bawah kulit merupakan lipoma. Dan gumpalan tersebut muncul menyerupai benjolan yang berletak pada bagian dada. Siapapun bisa mengalami kemunculan benjolan yang tumbuh dengan sangat lambat ini. Selain itu tidak terasa sakit kecuali lipoma berkembang dekat saraf atau pembuluh darah.

KANKER PAYUDARA

Kanker payudara memang mengkhawatirkan bagi para wanita. Sementara itu biasanya benjolan pada bagian dada akibat kanker payudara akan bertekstur keras dan memiliki sudut yang tidak teratur. Selain itu pada sebagian kasus benjolan tidak terasa nyeri saat tersentuh.

KISTA

Kista merupakan benjolan yang berisi cairan serta memiliki ukuran yang bervariasi. Sebab ukuran kista bisa kecil tetapi bisa juga berukuran besar. Terhadap wanita, kemunculan benjolan pada bagian dada atau payudara akibat kista biasanya muncul pada kategori usia 35 – 50 tahun atau usia yang mendekati masa menopause.

BISUL

Penyebab benjol juga bisa oleh karena bisul. Sehingga anda perlu mewaspadai bisul sebab benjolan tersebut bisa memunculkan rasa nyeri atau sakit. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan nanah yang mengalami peradangan oleh karena infeksi bakteri.

FIBROADENOMA

Yang menjadi penyebab benjolan selanjutnya adalah kondisi fibroadenoma yang umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Biasanya muncul pada wanita dengan usia 20 – 30 tahun. Tekstur benjolannya sendiri keras tapi halus. Apabila benjolan tersentuh maka benjolan dapat pula berpindah tempat. Sehingga sedikit terlihat agak menyeramkan. Namun begitupun, kondisi benjolan akibat non-kanker ini tidak terlalu berbahaya.

NEKROSIS LEMAK

Nekrosis lemak muncul saat jaringan lemak payudara mengalami kerusakan akibat cidera. Meskipun penyebab ini sering muncul pada wanita, bukan berarti pria tidak bisa mengalaminya. Benjolan dada yang timbul akibat nekrosis lemak sifatnya non-kanker.

Add a Comment