Manfaat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin bagi Kesehatan

manfaat mengonsumsi jahe

PrimaBerita – Bumbu rempah ini sudah terkenal baik untuk kesehatan, banyak yang memanfaatkannya sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ada berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengonsumsi jahe secara rutin bagi kesehatan tubuh.

Jahe berasal dari Asia Tenggara dan termasuk dalam anggota Zingiberaceae. Dengan kata lain, jahe masih berkerabat dengan tanaman herbal lain, seperti kencur, kunyit, dan lengkuas.

Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health – mengenai khasiat jahe, ternyata jahe memiliki potensi untuk mengobati sejumlah penyakit termasuk gangguan degeneratif (radang sendi dan rematik).

Berikut Manfaat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin bagi Kesehatan :

Anti Penuaan dan Kanker

Karena bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif, jahe bisa mengendalikan proses penuaan. Selain itu, memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan dapat mencegah berbagai kanker. Namun manfaat jahe ini terhadap kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum mengklaim kemanjurannya.

Meredakan Nyeri Haid

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi.

Menurunkan Glukosa Darah

Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health – mengenai khasiat jahe, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Dan juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).

Meningkatkan Sistem Imun

Jahe mengandung banyak vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri. seperti shigella, E.coli, dan lain-lain. Karena bisa meningkatan sistem imun tubuh, sehingga dapat mencegah kerusakan DNA dan stres. Bahkan, manfaat minum jahe secara rutin juga bisa membantu mengatasi pilek dan flu.

Meredakan Sakit Otot

Menurut studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe memiliki efek antiperadangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Namun, banyak sumber mengatakan jika meredakan sakit otot merupakan manfaat dari jahe merah.

Meredakan Morning Sickness

Menurut studi dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, jahe bermanfaat untuk meredakan gejala morning sickness pada awal kehamilan. Ekstrak akar jahe telah banyak orang gunakan lebih dari dua ribu tahun untuk mengatasi gejala gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit, perut kembung, dan bersendawa.

Add a Comment