Makanan untuk Anti-aging

Prima Berita – Anti-aging, sebutan untuk anti penuaan dini. Semakin bertambah usia, tubuh akan mengalami berbagai perubahan. Beberapa fungsi tubuh akan menurun, misalnya fungsi kognitif, otot, kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan, dan pendengaran. Ini terjadi karena sel-sel tubuh melemah secara alami. Alam telah menyediakan berbagai bahan pangan yang mampu merawat keremajaan tubuh. Inilah makanan alami untuk anti-aging.

Blueberry, raspberry, blackberry

Selain rasanya nikmat, buah-buahan ini juga bisa membantu meremajakan tubuh karena tingginya kandungan antioksidan. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang menyerang lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, berbagai vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Cokelat

Usahakan untuk memilih cokelat pahit atau dark chocolate daripada milk chocolate atau white chocolate yang mengandung berbagai bahan tambahan seperti gula dan lemak. Camilan sehat yang satu ini kaya akan antioksidan.

Delima

Polifenol yang terdapat dalam buah ini mampu melawan radikal bebas dan vitamin C yang tinggi mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Sementara itu, senyawa pulicanagin akan membantu tubuh menyimpan kolagen dan menjaga kesehatan jaringan kulit.

Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh dan serat dalam alpukat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker. Rutin mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah, jauh dari keriput.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete adalah pilihan yang tepat untuk mencegah penuaan dini. Kacang kaya akan protein, serat, dan omega-3 namun bebas dari lemak jenuh. Untuk menjaga fungsi otak dan melawan radikal bebas, ganti camilan dengan kacang-kacangan yang lebih sehat.

Semangka

Kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi dalam semangka menjadikan buah ini efektif untuk mencegah kulit keriput. Tak hanya merawat kulit, semangka pun bisa menjadi jawaban untuk masalah seksual pasangan yang tengah melalui proses penuaan. Buah ini mengandung asam amino yang mampu melancarkan peredaran darah dengan melebarkan pembuluh darah.

Bayam

Jenis sayuran hijau tua, terutama bayam, memiliki segudang manfaat untuk menjaga keremajaan tubuh. Kandungan fitonutrien pada sayur ini akan membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari. Bayam juga kaya akan beta-karoten dan lutein yang efektif untuk menjaga kekenyalan serta kelembapan alami kulit.

Baca juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

 

Add a Comment