Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

PRIMA BERITA – Sindrom koroner akut atau serangan jantung adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah. Kondisi ini akan mengganggu fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Dalam dunia kedokteran, serangan jantung disebut juga sebagai infark miokard.

Inilah tips menurunkan resiko serangan jantung.

Jangan merokok

Merokok akan secara dramatis meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jangankan seorang perokok, setiap tahun, sekitar 46.000 orang meninggal karena penyakit jantung yang berhubungan dengan paparan asap rokok meski hanya sebagai perokok pasif.

Tetapkan tujuan yang jelas untuk menurunkan berat badan

Jika memiliki berat badan berlebih atau obesitas, kalian tidak perlu menjadi kurus untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Kehilangan 5% sampai 10% dari berat sudah bisa meningkatkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah serta gula darah.

Olahraga ringan setiap harinya

Olahraga dengan intensitas sedang bisa merendahkan risiko serangan jantung 30% hingga 50%. Lakukan 30 menit olahraga aerobik setidaknya 5 hari dalam seminggu. Pada 2 hari lain, perkuat olahraga fisik. Jika terlalu banyak, bagilah menjadi bagian-bagian kecil, dan tambahkan waktu. Cobalah berjalan kaki 15 menit di pagi hari dan sekali lagi sebelum makan siang.

Batasi alkohol

Bila kalian seorang peminum, kabar baiknya adalah jenis alkohol apapun bisa membantu jantung. Namun, terlalu banyak alkohol bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, dan gejala fibrilasi atrium. Untuk mendapatkan manfaat tanpa adanya risiko, batasi alkohol, cukup minum segelas bila kalian wanita dan dua gelas bila kalian pria.

Makan dengan baik

Berusahalah untuk mengikuti diet sehat dan kalian bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 25%.  Penuhi piring dengan berbagai buah-buahan, sayuran, gandum utuh, ikan, dan daging.

Makanlah sedikit cokelat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memakan cokelat lebih dari sekali dalam seminggu, bisa menurunkan risiko penyakit jantung hampir 40%, diabetes sekitar 30% dan stroke 30%. Karena peneliti belum menentukan jumlah cokelat yang bisa dikonsumsi agar dapat menurunkan risiko, pertahankan porsi kecil saja sehingga berat badan tidak naik dan membuat jantung bekerja lebih keras.

Ketahui juga: Khasiat Penting Hyaluronic Acid Untuk Kecantikan Kulit

Add a Comment