Fakta Unik Bayi yang Baru Lahir

Prima Berita – Bayi kecil yang baru lahir merupakan makhluk kecil yang sangat menggemaskan. Siapa sih yang tidak menyukai bayi kecil? Terutama bagi mereka yang tengah menunggu bayi mereka untuk lahir ke dunia. Namun ada beberapa fakta unik seputar bayi kecil yang baru lahir yang perlu kalian tau loh, apalagi orang tua yang tengah menunggu datangnya bayi kecil.

Inilah fakta unik yang perlu kalian ketahui tentang bayi yang baru lahir. Unik banget deh guys!

Bayi baru lahir mengenali lagu yang didengar saat masih dalam kandungan

Bayi dapat mengenali lagu yang didengar saat di dalam rahim sampai empat bulan setelah kelahiran. Oleh karena itu, saat bayi sedang rewel bisa dicoba memberikan lagu-lagu yang biasa didengar saat hamil, karena bisa membuat bayi lebih tenang.

Bayi baru lahir memiliki tanda lahir

Normalnya, setiap bayi yang baru lahir akan memiliki minimal satu tanda lahir. Sekitar 80 persen bayi dilahirkan dengan memiliki tanda lahir. Tanda lahir terjadi saat pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar saat persalinan. Tanda lahir muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Biasanya tanda lahir ini akan menghilang dengan sendirinya saat anak berusia tiga tahun. Namun beberapa tanda lahir akan menetap, bahkan melebar.

Bayi baru lahir memiliki 300 tulang

Tidak seperti orang dewasa, jumlah tulang bayi saat baru lahir sebanyak 300. Tapi seiring bertambahnya usia, jumlah tulang berkurang menjadi 206 lantaran beberapa tulang telah menyatu.

Bayi baru lahir memasukkan apapun ke dalam mulut

Bayi baru lahir terkadang memasukkan jari ke mulutnya. Beberapa bulan kemudian, ketika sudah bisa memegang benda, bayi pun cenderung memasukkan segala benda ke mulutnya. Penelitian di Prancis menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir memang memiliki naluri untuk meletakkan segala sesuatu di mulut mereka sebagai bagian dari upaya bertahan hidup. Karena memasukkan sesuatu ke mulut diartikan sebagai kemampuan untuk bisa makan.

Bayi baru lahir akan kehilangan rambut

Saat lahir, seluruh kulit tubuh bayi ditumbuhi rambut-rambut halus, yang disebut lanugo. Rambut-rambut akan rontok secara perlahan, sehingga sering kali tidak disadari. Lanugo akan benar-benar menghilang tidak lama kemudian.

Add a Comment