Rambutan, Buah yang Kaya akan Kandungan Manfaat

Prima berita – Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Di Indonesia, rambutan merupakan buah yang tidak terlalu mahal, dengan harga yang terjangkau kita dapat menikmati segarnya buah rambutan. Harganya yang cukup murah dan rasanya yang manis membuat rambutan disukai banyak orang. Tanaman tropis itu memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Rambutan cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin makan banyak buah tanpa takut gemuk. Pasalnya, buah yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae ini kaya akan fruktosa dan sukrosa dengan kalori sekitar 60 kalori per buah. Dengan begitu, buah ini akan sangat cocok bagi mereka yang ingin menjaga berat badan.

Kandungan Rambutan

Dilansir dari Times of India, rambutan kaya akan zat besi. Selai zat besi, rambutan juga kaya akan kalsium dan fosfor. Buah ini sangat dianjurkan bagi para wanita. Zat besi, kalsium dan fosfor dalam rambutan berfungsi untuk meningkatkan oksigen dalam tubuh yang membantu meringankan gejala pusing dan lemas, meningkatkan kekuatan tulang dengan memperbaiki dan mengembangkan tulang menjadi lebih kuat serta mengurangi kemungkinan keretakan tulang dan penyakit. Kandungan fosfor dalam daging rambutan juga membantu menyaring limbah dari tubuh. Sedangkan mineralnya membantu fungsi ginjal bekerja dengan baik.

Para pria juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah rambutan. Tingginya kandungan vitamin C dalam buah rambutan dapat meningkatkan dan menjaga kualitas serta kesehatan sperma pada pria. Penelitian telah mengungkapkan manfaat vitamin C terhadap perkembangan sperma yang sehat. Oleh karena itu, memasukkan rambutan pada diet akan membantu memperbaiki kualitas sperma.

Manfaat lain yang tidak kalah hebatnya dari rambutan yaitu rambutan memiliki dampak positif terhadap peningkatan kesehatan jantung. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam rambutan membantu mencegah timbulnya penyakit dan menghilangkan radikal berbahaya. Ini juga berfungsi membantu memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak pada jantung.

Add a Comment