Berbagai Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh

PrimaBerita – Manfaat buah memang sangat banyak bagi tubuh, Salah satunya adalah buah Melon. Buah melon memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa anda rasakan dan anda coba sendiri efeknya.

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah.

Berikut manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Buah melon memang terbukti menyegarkan, apalagi jika Anda konsumsi setelah berolahraga atau saat dalam keadaan lelah. Hal ini karena sebagian besar kandungan buah melon terdiri dari air dan elektrolit yang membantu Anda mencukupi kebutuhan cairan dan terhindar dari dehidrasi.

Baca juga : 8 Cara Super Gampang Turunkan Kadar Kolesterol

2. Mendukung kesehatan kulit

Bukan hanya jeruk saja yang dikenal dengan kandungan vitamin C, buah melon juga kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Asupan vitamin C yang cukup, akan mendukung produksi kolagen, yaitu semacam protein yang berperan penting dalam memperbaiki dan memelihara jaringan kulit.

3. Membantu meningkatkan kemampuan penglihatan

Sebuah penelitian menunjukkan, buah melon mengandung dua jenis antioksidan, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan mata Anda, serta mencegah risiko penglihatan berkurang atau buram karena faktor usia.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain dikenal dengan kandungan vitamin C, buah melon juga kaya akan serat di dalamnya. Sementara itu, serat merupakan komponen penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca juga : 8 Cara Super Gampang Turunkan Kadar Kolesterol

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah melon yang tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan kesehatan tulang. Hal itu tidak lepas dari kandungan beragam nutrisi penting di dalamnya, seperti magnesium, folat, dan vitamin K yang menjadi komponen utama dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat buah melon yang paling utama adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Maka tidak heran jika buah melon seringkali dikaitkan sebagai buah yang cocok untuk penderita hipertensi. Hal itu dikarenakan buah melon rendah natrium, namun tinggi akan kalium.

 

Add a Comment