10 Kuliner Legendaris Betawi. Harus Coba!

PrimaBerita – Suku Betawi merupakan penduduk asli yang bermukim dan mendiami sebagian besar wilayah Jakarta, ibu kota Indonesia tercinta. Selain kultur budaya, adat istiadat dan keseniannya, orang-orang dari suku Betawi juga mewariskan aneka jenis kuliner mereka yang khas secara turun temurun. 

Meskipun Jakarta sebagai ibukota negara telah lama dirasuki arus modernisasi di segala bidang, budaya lokal yang lebih dulu ada, masih terjaga kelestariannya. Salah satunya adalah kuliner khas Betawi yang nikmat dan lezatnya tak terbantahkan.

Berikut ini adalah  daftar 10 kuliner  khas Betawi yang masih bisa ditemui hingga saat ini.

Soto Betawi

Kuliner legendaris ini merupakan salah satu kuliner yag banyak diburu oleh pembeli, terutama oleh mereka yang mempunyai hobi wisata kuliner di seputaran Kota Jakarta. Istilah soto Betawi sendiri mulai hadir pada medio 1977 dan 1978.

Soto Betawi sendiri merupakan jenis kuliner berkuah santan kental yang gurih yang biasa disajikan dengan campuran tauge, bihun maupun kubis. Selain menggunakan daging ayam, soto tersebut juga disajikan dengan jeroan seperti hati, paru dan torpedo.

Kerak telor

Kerak telor adalah makanan asli daerah Betawi dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai,cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir.

Perpaduan rasa manis dan gurih menjadikan makanan ini terasa unik dan lezat. Kerak telor banyak dijumpai pada saat acara Pekan Raya Jakarta

Nasi kebuli

Hidangan berbahan dasar nasi yang mempunyai rasa yang gurih dan lezat ini, Merupakan salah satu jenis kuliner yang populer di kalangan masyarakat Betawi. Citarasa gurih dari kuliner ini berasal dari Nasi yang diolah dengan kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin. Ketika matang, biasa disajikan dengan daging kambing goreng beserta taburan irisan kurma maupun kismis.

Baca juga: Cuaca Panas, Jaga Kesehatan Dengan Konsumsi ini

Add a Comment