10 Kuliner Legendaris Betawi. Harus Coba!

Ketoprak

Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi dengan rasa yang lezat ini disiram dan diaduk dengan sambal kacang. Ketoprak juga ditaburi dengan kerupuk merah. Makanan khas Betawi ini termasuk makanan yang masih mudah ditemui di setiap sudut kota Jakarta.

Nasi ulam

Nasi ulam merupakan makanan khas Betawi, berupa nasi biasa yang disajikan dengan campuran daun kemangi, sambal dan ditaburi oleh kacang tanah yang ditumbuk maupun serundeng. Sebagai tambahan, biasanya disertai dengan lauk perkedel, tahu tempe goreng, dendeng dan telur dadar plus kerupuk.

Nasi uduk Betawi

Nasi uduk sangat familiar sebagai sarapan di Jakarta. Nasi uduk yang terbuat dari beras putih dimasak dengan bumbu-bumbu seperti garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Rasa nasi uduk sangat lezat dan gurih. Nasi uduk biasa dimakan dengan telur dadar yang diiris, orek tempe, semur jengkol, kentang balado, dan sambal kacang.

Semur jengkol

Semur jengkol merupakan satu-satunya makanan khas Betawi yang tak terbantahkan lagi keasliannya. Masakan khas Betawi yang lain mungkin ada kembarannya di daerah lain tetapi semur jengkol hanya ada di daerah Betawi. Orang Betawi mampu membuat jengkol menjadi hidangan semur yang lezat. Untuk menghilangkan baunya, jengkol biasa di rendam di air kapur atau air dari rebusan tangkai padi.

Baca juga: Resep Makanan Sehat dan Enak, Cocok Untuk Diet

Add a Comment