Kesehatan Kuliner

Cuaca Panas, Jaga Kesehatan Dengan Konsumsi ini

PrimaBerita – Ketika Anda merasa terlalu gerah di cuaca panas, Anda berisiko mengalami dehidrasi dan beragam penyakit yang berkaitan dengan cuaca panas, seperti stres, kejang panas, kelelahan, atau bahkan serangan panas.

Dengan menjaga agar tubuh tetap terasa sejuk, Anda juga bisa menenangkan suasana hati karena cuaca panas sering kali memicu stres, ketegangan, dan kekesalan. Ada banyak cara sederhana, efektif, dan murah untuk menjaga agar tubuh tetap sejuk di cuaca panas.

Berikut adalah beberapa daftar makanan dan minuman yang harus Anda sertakan dalam diet selama musim panas:

Semangka

Semangka dapat membantu kita menghadapi teriknya musim panas. Buah yang mengandung 92 persen air ini akan mencegah tubuh dari kekurangan cairan selama cuaca panas. Manfaat lainnya dapat membantu tubuh tetap sejuk dan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Kopi dingin

Segelas kopi dingin adalah teman terbaik saat cuaca panas. Dengan segelas kopi setiap hari, selain menyegarkan kita juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Jagung

Jagung mengandung antioksidan yang dapat mencegah bahaya sinar matahari yang dapat merusak kulit. Selain itu, jagung juga dapat menurunkan risiko yang berkaitan dengan masalah penuaan. Jadi jagung harus selalu menjadi menu yang Anda siapkan di musim panas.

Es Teh

Segelas es teh tentu akan menyegarkan dahaga di hari yang panas. Minum teh secara teratur juga dapat menurunkan risiko Alzheimer, diabetes dan Anda dapat memilki gigi, gusi dan tulang yang sehat dan kuat.

Timun

Makanan yang biasa dijadikan lalapan ini adalah sayuran yang cocok dimakan saat musim panas tiba. Rasanya yang manis dan menyegarkan tidak akan membuat Anda enggan mengkonsumsinya. Timun juga mengandung air dalam jumlah yang melimpah, sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi, serta membantu membuang racun dalam tubuh.

Yoghurt

Susu hasil fermentasi ini mengandung mineral seperti kalium, kalsium, protein dan vitamin yang baik untuk tubuh. Yang paling penting, mengandung bakteri yang dapat membantu menyerap nutrisi dalam usus dan menstabilkan sistem kekebalan tubuh.

Mangga

Buah tropis dengan rasa manis asam ini sangat cocok untuk dibuat jus atau pun dikonsumsi langsung. Mangga adalah sumber kalium yang dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan