Erick Thohir Jamin Vaksin Covid-19 Halal

vaksin covid-19 halal

PrimaBerita – Menteri BUMN Erick Thohir menjamin bahwa vaksin covid-19 halal bagi umat muslim yang mana rencananya vaksin tersebut mulai produksi pada awal tahun depan. Erick menyampaikan terkait jaminan halal tersebut telah dipantau sejak melakukan uji klinis pertama.

Untuk jaminan tersebut, PT Bio Farma menggandeng BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta MUI (Majelis Ulama Indonesia). Pun demikian yang menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan vaksin covid-19. Jaminan halal vaksin corona juga akan melakukan pengujian di China.

“Kami pastikan vaksin ini halal dan sesuai standar karena itu saya mengirimkan ke BPOM dan insya Allah ke China pada oktober ini bersama MUI,” kata Erick Thohir dalam webinar Transportasi Sehat Indonesia Maju (15/09/2020).

Lihat: Jokowi Jadikan 15 Hotel jadi Tempat Karantina, Kapasitas 3.000 Orang

Lebih lanjut Erick juga mengklaim bahwa wakil presiden Malruf Amin juga sudah menerima laporan secara langsung terkait jaminan vaksin covid-19 halal tersebut. Namun laporan tersebut Erick sampaikan secara berkala sejak beberapa hari terakhir.

Kendati demikian terhadap program pengembangan vaksin ini, pemerintah akan menyuntikkan dana sekitar Rp 5 triliun ke PT Bio Farma (Persero). Yang mana targetnya produksi vaksin covid-19 bisa tercapai sebanyak 30 – 40 juta dosis vaksin.

Sementara itu PT Bio Farma lewat holding BUMN farmasi telah melakukan kerja sama dengan perusahaan Sinovac Biotech Ltd dari China. Selain itu nantinya pihak Bio Farma juga akan bekerja sama dengan koalisi untuk inovasi persiapan epidemi atau CEPI.

Lihat: Gubernur Sumut Bagikan 2 Juta Masker Untuk Warga

CEPI sendiri merupakan sebuah kerja sama yang terjalin antara pihak swasta dengan pemerintah pada tingkat global dan berbasis pada Norwegia.

Kemudian Erick Thohir juga berharap agar pengadaan vaksin corona ini mampu meningkatkan tingkat kesembuhan. Serta mampu menurunkan tingkat kematian akibat virus corona. Melansir dari CNN, ia pun turut mengklaim posisi Indonesia saat ini cukup baik dalam hal ini termasuk bila dbandingkan secara global dengan negara lain.

Add a Comment