Manfaat Ekstrak Buah Pepaya dan Buah Nanas, Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Ekstrak Buah Pepaya dan Buah Nanas

PrimaBerita – Ekstrak buah seperti buah pepaya dan nanas ternyata bagus untuk kesehatan kulit. Bahkan kerap pula menjadi bahan produk skincare dalam upaya perawatan kulit.

Menurut salah seorang dermatolog dr. Balquist Farida, Sp. KK dari Skin& Co mengatakan bahwa ekstrak buah pepaya mempunyai kandungan vitamin A, C, dan juga antioksidan hingga enzim papain. Enzim papain mampu bekerja dengan menghancurkan protein pada sel kulit mati. Meski buah pepaya pada umumnya lebih terkenal baik dalam melancarkan pencernaan.

“Dapat mencerahkan karena kalau kulit kusamnya menyeluruh, otomatis kulit baru akan lebih cerah,” dr Balquist.

Baca Juga: Pria Ketahuilah, Ini Tahapan Skincare Sederhana Bagi Pria

Sementara itu melansir dari KlikDokter, menurut dr Resthie Rachmanta Putri, M. Epid vitamin C penting bagi kulit guna merangsang produksi kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Bukan hanya itu, vitamin C juga bisa memberikan efek antioksidan yang mana dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Pun demikian, selain ekstrak buah pepaya, nanas juga terkenal baik untuk mencerahkan kulit tubuh. Pasalnya buah nanas mengandung banyak nutrisi dan vitamin serta enzim bromelain yang dapat merangsang regenerasi kulit. Atau dengan kata lain enzim bromelain mampu bekerja dalam mengangkat sel kulit mati sehingga menjadi tampak lebih sehat.

“Jadi sinergi keduanya saling bekerja sama meningkatkan potensi proses ekfoliasi,” ujar dr Balquist.

Maka selain skincare atau penggunaan produk perawatan kulit lainnya, ketika seseorang hendak mencerahkan kulit, dr Balquist memaparkan memang penting untuk melakukan perawatan tubuh dari dalam. Misalnya seseorang bisa menjaga asupan nutrisinya. Nutrisi yang berkualitas juga berperan penting dalam hal tersebut.

Selain itu seseorang juga harus bisa mengelola stresnya masing-masing dan juga mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Karena hal tersebut mampu mengganggu kesehatan kulit.

“Mau tidak mau setiap hari kita ketemu matahari, ketemu stres, kromosom menua, tergoda makanan tidak sehat. Terpapar toksin seperti polusi di jalan. Jadi harus tetap usaha (mencerahkan kulit),” katanya menambahkan.

Add a Comment