Hal yang Harus Dihindari Para Penderita GERD

hal yang dihindari penderita gerd

PrimaBerita – Makan dengan porsi besar menjadi salah satu hal yang sebaiknya dihindari oleh para penderita GERD. Sebab ketika GERD mulai kambuh, perut mulai terasa tidak nyaman sehingga membuat orang jadi terganggu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu biasanya pasien yang memiliki keluhan GERD (gastroesophageal reflux disease) memiliki pantangan makanan tertentu, misalnya makanan pedas, asam, dan berlemak. Tidak hanya itu, penderita GERD juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Mengonsumsi makanan dengan cepat dapat membuat sistem pencernaan kesulitan untuk bekerja serta membuat penderita GERD merasakan sakit pada bagian ulu hati. Jadi untuk mengatasinya sebaiknya makanlah secara perlahan. Kunyah makanan dengan baik dan benar.

  • Tidak Rebahan Habis Makan

Berbaring atau rebahan adalah sebuah hal yang begitu enak untuk dilakukan. Namun berbaring setelah makan besar atau saat sudah kenyang maka dapat menyebabkan isi perut menekan LES lebih keras. Ini juga memicu asam lambung. Kemudian makanan yang anda konsumsi juga kembali naik. Sebaiknya tunggu sekitar 2 – 3 jam sesudah makan, barulah bisa rebahan.

  • Tidur dengan Posisi Kepala yang Tinggi

Berbaring dengan posisi kepala sejajar dengan badan berpotensi menekan isi perut ke LES. Lantas dengan kepala yang lebih tinggi dari perut, gravitasi dapat membantu mengurangi tekanan.

  • Jangan Menggunakan Baju yang Terlalu Ketat

Pakaian yang pas badan atau terlalu ketat dapat menekan perut sehingga memaksa makanan yang sudah anda makan menjadi naik ke LES. Begitu juga saat anda mengenakan ikat pinggang yang ketat.

  • Tidak Merokok dan Hindari Alkohol

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit ulu hati adalah salah satunya. Hal ini terutama berlaku bagi orang yang memiliki kondisi GERD. Ketika merokok, produksi air liur berkurang padahal air liur bersifat basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung.

Sementara itu alkohol dapat meningkatkan jumlah asam hasil produksi lambung. Ini juga dapat melemahkan LES. Jadi kalaupun ingin mengonsumsi alkohol, usahakanlah jangan mengonsumsi lebih dari 250 ml.

Itulah sejumlah hal yang sepatutnya dihindari para penderita gerd.

Add a Comment