Makanan Pendukung Menurunkan Kadar Diabetes Secara Drastis

PrimaBerita – Bagi orang yang punya penyakit diabetes atau prediabetes, mengontrol kadar gula darah adalah hal yang sangat penting. Itu sebabnya, pasien perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Sebab, beberapa jenis makanan dapat meningkatkan gula darah, sebagian lagi justru membantu menguranginya.

“Diabetes adalah ketika kadar gula atau glukosa darah Anda lebih tinggi dari normal. Kenaikan ini bisa disebabkan beberapa jenis makanan berkarbohidrat seperti roti, sereal, nasi, pasta, buah-buahan, susu, dan makanan penutup,” kata Maggie Powers, PhD, presiden terpilih Health Care & Education di American Diabetes Association

Berikut Makanan Penurun Kadar Gula Darah:

Telur

Meski mengandung kolesterol, telur mengandung protein tinggi. American Diabetes Association menganggap telur sebagai pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Itu terutama karena satu telur besar hanya mengandung sekitar setengah gram karbohidrat, jadi tidak akan meningkatkan gula darah. Hanya saja, kolestreolnya yang tinggi masih diperdebatkan.

Buah alpukat

Buah ini mengandung lemak tak jenuh yang menjadi salah satu zat pengendali kadar gula darah. Alpukat dapat meningkatkan kinerja insulin, hormon yang membantu menormalkan kadar gula darah tubuh, dengan menimbulkan rasa kenyang. Alpukat juga bisa menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi pemicu utama diabetes.

Buah melon atau beri

Secangkir melon atau buah beri hanya mengandung 15 gram karbohidrat. “Ini adalah suguhan yang sehat yang dikemas dengan nutrisi dan serat, dan ini sedikit manis,” kata Powers. Untuk rasa yang agak berbeda, campur melon atau beri dengan yoghurt biasa, atau tambahkan es batu.

Gandum utuh dan kacang-kacangan

Makanan ini dapat membuat rasa kenyang bertahan lama sehingga niat untuk nyamil berkurang. Cobalah kacang-kacangan seperti kacang kering, kacang polong, dan lentil.  “Makanan ini masih memiliki karbohidrat, tetapi mereka memiliki rasa yang lezat dan membuat Anda puas,” kata Powers.

Ikan dengan omega 3

Ikan rendah lemak dan tinggi omega 3 baik untuk menurunkan gula darah berlebih di dalam tubuh. Protein di dalam ikan juga bisa menimbulkan rasa kenyang, sehingga tidak perlu makan makanan tambahan yang mungkin dapat menaikkan gula darah. Beberapa contoh ikan yang tinggi omega 3 adalah ikan salmon, tuna, kembung, dan ikan halibut atau sebelah.

Sayuran mentah, dimasak, atau dipanggang

Sayuran dapat warna, rasa, dan tekstur pada makanan. Pilih sayuran yang rendah karbohidrat tetapi lezat, seperti jamur, bawang, terong, tomat, kubis Brussel, dan labu rendah karbohidrat, seperti zucchini.

Add a Comment