Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh yang harus Anda Ketahui

PrimaBerita – Buah duku memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski ukurannya kecil, buah duku termasuk salah satu deretan buah yang kaya akan nutrisi.

Jika Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsatkokosanpisitanceloring dan lain-lain dengan berbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.

Berikut Manfaat dari buah duku bagi Kesehatan tubuh :

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan. Untuk mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah duku.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal Akut, Kenali Sebelum Terlambat

2. Kaya antioksidan

Buah duku memiliki kandungan antiksidan yang dapat membantu tubuh memecah radikal bebas yang biasanya merusak sel dan mneyebabkan penyakit.

3. Sumber vitamin B dan C

Vitamin B dari buah ini akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Baca juga : Tanda – tanda Cacingan Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya

Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

 

 

Add a Comment