Daun Sungkai, Tanaman Obat Menjadi Topik Pembicaraan Bisa Menangkal Corona

Daun Sungkai, Tanaman Obat Menjadi Topik Pembicaraan Bisa Menangkal Corona

PrimaBerita – Akhir-akhir ini nampaknya daun sungkai akan menjadi populer lantaran disebut bisa sebagai tanaman obat menangkal virus corona (covid-19).

Doni Monardo juga sempat menyebut nama daun sungkai tersebut saat sedang rapat perkembangan penanganan covid-19 bersama gubernur se-Indonesia.

Ketua Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 ini mendapat informasi bahwa sebuah tanaman di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk melawan virus.

Baca Lainnya: Relawan Donor Darah Berkurang, Stok di PMI DKI Jakarta Menipis

Dimana tanaman tersebut sering digunakan sebagai obat demam bagi orang-orang jaman dulu. Oleh karenanya, seperti yang dikutip melalui Solopos, tumbuhan itu bernama sungkai.

“Tanaman ini menurut informasi banyak tumbuh di provinsi Jambi. Apa hasilnya, tolong sampaikan ke kami secepatnya. Terima kasih pak gubernur,” imbuh Doni seperti yang ditirukan oleh Fachrori Umar selaku gubernur Jambi.

Untuk menindaklanjuti perkataan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Selanjutnya Fachrori segera memerintahkan pihak Dinas Kehutanan untuk langsung berkoordinasi dengan Labkesda, BPOM, dan juga Dinkes Provinsi Jambi.

Adapun pihak-pihak terkait itu diperintahkan supaya meneliti khasiat dari daun yang namanya masih asing tersebut.

Namun tanaman asli ini sebenarnya tumbuh dari daerah Kalimantan. Meski persebarannya sudah dapat dijumpai di daerah Jambi, Bengkulu, Jawa Barat, Sumsel, dan Sumbar.

Tumbuhan ini juga bisa tumbuh diberbagai jenis tanah pada hutan sekunder. Tapi umumnya tumbuhan sungkai hidup pada tanah yang bertekstur berair.

Misalnya di tepian sungai. Lainnya secara musiman yakni tumbuh di tanah yang tergenang air tawar.

Daun muda tanaman sungkai berkhasiat mulai dari obat sakit kepala, obat demam, asma, panu, bahkan hingga sakit gigi.

Jika anda merebus daun yang masih muda, manfaatnya dapat pula membantu meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu memperlancar menstruasi (haid).

Ciri-ciri Tanaman Sungkai

Daun sungkai sebagai tanaman obat yang dipercaya mampu bisa menangkal virus corona memiliki ciri-ciri sbb:

1. Tanaman dengan jenis kayu-kayuan
2. Tinggi batang 15 m
3. Diameter batang sekitar 60 cm

Add a Comment