Menjaga pola makan sehat untuk penderita asam urat juga penting untuk membantu meminimalkan serangan dan membatasi tingkat keparahan penyakit asam urat yang mungkin Anda alami.

Berikut daftar sayuran untuk penderita asam urat yang dianjurkan, yaitu:

Wortel

Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh.

Baca juga : Makanan Terlarang Untuk Para Penderita Asam Urat

Terung dan tomat

Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Brokoli

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat.

Kentang

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat. Karena penderita asam urat disarankan untuk menjauhi protein hewani, kacang bisa menjadi sumber protein yang baik.

Baca juga : 6 Buah Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

Jamur

Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga baik untuk penderita asam urat.

Pola makan yang baik dan sesuai untuk penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah kekambuhan penyakit asam urat.