Buah-buahan Pengganti Cairan Tubuh Selama Berpuasa

buah-buahan pengganti cairan tubuh

PrimaBerita – Selama berpuasa, umat Muslim wajib untuk menahan hawa nafsu, minum dan lapar. Mengonsumsi buah-buahan sangat penting setelah seharian berpuasa. Untuk itu, ketahui jenis buah-buahan pengganti cairan tubuh selama berpuasa ini agar tubuh anda tetap sehat.

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan dehidrasi. Sehingga anda harus pintar-pintar memilih buah yang kaya kandungan air sehingga kebutuhan air dalm tubuh tidak hanya dari air putih saja.

Berikut Buah-buahan Pengganti Cairan Tubuh Selama Berpuasa

Semangka

Dalam satu buah semangka memiliki tingkat hidrasi 92 persen jika anda bandingkan dengan air biasa. Selain mengandung air, dalam satu buah semangka juga terkandung 12 gram karbohidrat yang bisa membantu tubuh untuk menyerap cairan.

Sehingga menjadikan buah yang satu ini cocok untuk anda konsumsi saat sahur ataupun berbuka.

Air Kelapa

Salah satu minuman yang cukup banyak masyarakat cari saat berbuka puasa adalah air kelapa.  Buah ini merupakan cairan yang paling higienis dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Air kelapa memiliki tingkat hidrasi sebanyak 95 persen. Air kelapa mengandung sodium dan juga karbohidrat. Tentu akan menyegarkan sekali jika anda berbuka puasa dengan air kelapa.

Jeruk

Setelah kamu mengonsumsi jeruk saat berbuka puasa, biasanya rasa haus akan segera hilang karena kandungan air pada buah jeruk sebanyak 87 persen. Selain memiliki manfaat untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh, jeruk ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker pada tubuh karena mengandung zat limonoid.

Selain itu, vitamin C yang banyak terkandung pada jeruk juga bisa menjaga kesehatan kulit anda selama berpuasa. Dengan asupan vitamin C yang cukup, maka kulit anda tetap lembap dan terhindar dari kekeringan. Selain itu, tingginya kandungan serat pada jeruk juga bisa menjaga sistem pencernaan anda tetap baik selama menjalankan ibadah puasa.

Mentimun

Mentimun menjadi buah yang banyak manfaatnya, salah satunya untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh. Hampir seluruh daging mentimun terdiri dari air. Kadar air pada buah mentimun mencapai 96 persen, sehingga saat anda berbuka puasa dan menikmati es mentimun, dijamin rasa haus atau dehidrasi anda pasti langsung hilang.

Kandungan serat yang tinggi pada mentimunjuga bisa menjaga sistem pencernaan kamu. Hebatnya lagi, buah ini bisa mengurangi risiko gagal ginjal jika anda mengonsumsi buah mentimun secara rutin.

Melon Kuning

Selain memiliki manis alami yang baik untuk kesehatan, melon kuning juga memiliki kadar air sebanyak 90 persen. Sangat baik untuk mengganti cairan dalam tubuh anda yang baru selesai berpuasa selama kurang lebih 12 jam.

Tidak hanya mengandung air yang cukup tinggi, melon kuning juga mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata anda pada saat puasa.

Add a Comment