6 Buah Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Asam Urat

primaberita-buah-untuk-penyakit asam urat

Primaberita – Anda termasuk penderita asam urat? Jangan smbarang konsumsi buah. Buah memang sangat baik untuk kesehatan namun ada banyak buah yang tidak bisa dimakan secara bersamaan apalagi jika seseorang tersebut memiliki penyakit.

Jika sembarang konsumsi buah tanpa memerhatikan kondisi penyakit yang ada penyakitnya akan semakin parahNah untuk itu simak buah yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

Nah, setelah mengetahui kriteria atau jenis-jenis buah untuk asam urat, Anda mungkin masih bingung menentukan buah apa saja yang baik dikonsumsi.

Baca juga : Asam Lambung Naik? Kenali Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

6 Buah Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1. Apel

Kandungan senyawa asam malik pada apel diketahui sangat baik untuk menetralisir asam urat, sehingga dapat mencegah terbentuknya kristal asam urat di persendian.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada apel juga dapat membantu memperbaiki dan memperkuat jaringan sendi yang banyak mengandung kolagen. Sari cuka apel pun dapat dijadikan pilihan praktis menikmati apel untuk meringankan gejala asam urat.

Akan tetapi, tidak disarankan untuk mengonsumsi jus apel kalengan karena umumnya mengandung banyak fruktosa atau pemanis buatan. Senyawa pemanis ini, menurut sebuah penelitian dari Brithis Medical Journal, malah dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

2. Anggur

Buah anggur dikenal sebagai buah yang kaya kalium, vitamin C, senyawa bioflavonoid, juga rendah kandungan purin. Menambahkan buah ini dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu menurunkan asam urat dan meredam nyeri akibat asam urat.

Sebaiknya makanlah anggur dalam keadaan segar, bukan dalam bentuk buah kering. Ini karena proses pengeringan dapat membuat kandungan purin pada buah-buahan jadi meningkat. Hindari juga jus anggur olahan yang banyak senyawa pemanisnya.

3. Jeruk manis

Buah dengan kombinasi rasa manis, asam, dan segar ini cukup sering menghiasi ruang makan sebagai buah meja. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi, kaya akan senyawa fenolik, beta-karoten, dan likopen yang bersifat antioksidan membuat buah ini baik untuk penderita asam urat.

Namun, disarankan mengonsumsi jeruk manis dalam bentuk buah atau jus segar, bukan yang kalengan. Kandungan pemanis di dalam jus buah kalengan malah bisa memperburuk serangan asam urat.

4. Rock melon

Cantaloupe atau rock melon termasuk salah satu buah untuk asam urat yang baik dikonsumsi. Buah yang masih satu kerabat dengan melon dan timun suri ini ternyata minim kandungan purin serta kaya akan antioksidan, di antaranya kolin dan beta-karoten. Keduanya sangat baik digunakan sebagai tambahan nutrisi untuk mencegah atau meredakan serangan asam urat (gout).

5. Kurma

Kurma juga merupakan salah satu jenis buah untuk asam urat karena mengandung rendah purin. Kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sendi.

Terkait : Terkena Asam Urat? Ayo Atasi Dengan Cara Super Mudah Ini

Akan tetapi, tetap tidak disarankan untuk makan terlalu banyak kurma saat menderita asam urat. Ini karena kandungan fruktosanya dapat meningkatkan risiko serangan asam urat jika dikonsumsi berlebihan.

6. Pisang

Buah pisang terkenal akan beragam manfaat sehatnya. Mulai dari seratnya yang tinggi, kandungan vitamin C, antioksidan flavonoid jenis cathecin, serta rendah purin membuat buah ini sangat baik dikonsumsi penderita asam urat ataupun dikonsumsi sebagai pencegahan serangan asam urat.

Add a Comment