Masker Activated Charcoal dan Manfaatnya

Prima berita – Tau gak guys, belakangan ini kita sering mendengar masker charcoal. Masker charcoal yang belakangan ini sangat populer tidak hanya di kalangan anak muda, namun terkenal di semua kalangan wanita. Ternyata masker wajah charcoal merupakan masker yang banyak diminati oleh para beauty influencer atau para ahli di bidang kecantikan. Masker wajah charcoal dipercaya dapat menghilangkan jerawat pada kulit wajah, bagaimana menurut kalian?

Manfaat Masker Activated Charcoal

Meski namanya arang, activated charcoal bukan terbuat dari arang batu bara yang biasa digunakan dalam proses pembakaran. Activated charcoal adalah karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu, dan telah melalui proses pengaktifan guna meningkatkan daya serapnya. Arang aktif itu sendiri sebenarnya telah lama digunakan dalam dunia medis untuk mengobati keracunan alkohol dan overdosis narkoba. Zat karbon ini bekerja bagai spons, dengan mengikat diri pada racun dan menyerapnya sebelum terangkut dalam aliran darah.

Arang dikenal mampu menyerap kotoran hingga 100 sampai 200 kali dari beratnya. Sementara dengan melalui proses aktivasi, arang aktif diklaim mampu menyerap massa kotoran hingga ribuan kali beratnya sendiri, sehingga activated charcoal diklaim sebagai bahan alami yang sangat baik untuk membantu membersihkan kulit wajah. Kemampuan arang aktif untuk menyerap kotoran dan racun didapat dari teksturnya yang berpori-pori dengan muatan listrik negatif. Inilah yang membuat arang dapat menarik kotoran, minyak, dan debu di wajah. 

Masker activated charcoal mempunyai beberapa manfaat untuk kulit. Salah satunya dapat menarik minyak berlebih pada kulit kalian. Bagi kalian yang punya kulit wajah dengan tipe berminyak, pakailah masker arang aktif sekali atau dua kali seminggu. Pemakaian demikian dapat mengurangi minyak pada wajah.

Selain itu, masker charcoal juga dipercaya dapat mengatasi jerawat membandel pada wajah. Meski demikian, ternyata masker ini tidak terlalu mempengaruhi jerawat pada kulit. Penggunaan masker arang hanya efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat dalam skala yang masih ringan seperti jerawat blackhead, whitehead, dan pustula (jerawat merah berisi nanah) yang tidak begitu meradang. Masker wajah ini tidak efektif untuk mengobati masalah jerawat batu atau jerawat hormon, karena untuk pengatasan jerawat ini diperlukan upaya pengatasan dari dalam tubuh.

Add a Comment