5 Tanaman Rumah Ini Ampuh Untuk Mengusir Nyamuk

3. Sereh Wangi (Serai)

Sereh wangi atau serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. 

Baca juga : Rahasia Manfaat Teh Dalam Menurunkan Berat Badan Dalam….

Kandungan serai antara lain adalah sitronela yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

Zat aktif yang terkandung dalam batang serai ini hampir sama dengan bunga tapak dara, yaitu sitronela dan geraniol. Beberapa rumpun serai bisa ditanam di sekitar rumah sebagai hiasan sekaligus pengusir nyamuk.

4. Rosemary

Rosmarin atau rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah tumbuhan penghasil rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, ia lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, rosemary. 

Tumbuhannya relatif tahan kering, serta memiliki khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya.

Tanaman dengan bunga mungil yang cantik selain sebagai hiasan, juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dalam ruangan. Tanaman rosemary ini memiliki aroma khas seperti minyak kayu putih, sedikit mirip minyak telon. Aroma tersebut ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk yang berada di sekitar rumah.

Aroma khas tanaman ini mampu mengacaukan efektivitas penciuman nyamuk, sehingga nyamuk akan menghindarinya.

Baca juga : Khasiat Air Jahe Dalam Menekan Nafsu Makan

5. Mint

Penelitian telah menemukan bahwa minyak peppermint atau daun mint dapat mencegah malaria, filaria dan vektor demam kuning untuk jangka waktu 60-180 menit.

Daun mint memiliki aroma menthol yang kuat, mengandung zat aktif nepetalactone yang mampu menghalau nyamuk. 

Add a Comment