Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Jika Tabung Gas Anda Bocor

tabung gas bocor

PrimaBerita – Tabung gas bocor adalah sebuah kondisi dimana anda akan terlihat sangat panik dan ketakutan. Sebab tabung gas yang bocor bisa menimbulkan kebakaran.

Saat ini, sudah hampir seluruh masyarakat menggunakan tabung gas sebagai alat memasaknya. Bentuknya pun beragam dengan variasi warna. Tetapi yang kebanyakan dipakai oleh masyarakat adalah tabung berukuran kecil yang diidentik dengan warna hijau. Ukuran tabung lainnya (sedang/besar) dipakai pada restoran dan rumah makan.

BACA JUGA : Lagi Lockdown Pasangan Ini Malah Berhubungan Intim, Ya Ditangkaplah

Meski kepraktisan dan kecepatan tabung gas dalam memasak sudah sangat dianjungi jempol, bukan berarti tabung gas tidak terhindar dari bentuk kecelakaan. Masalah utama yang banyak terjadi yaitu pemasangan regulator yang kurang aman. Ini bisa menyebabkan terjadinya kebocoran tabung gas.

Jika tidak dilakukan gerakan cepat maka akan menimbulkan masalah krusial (gawat) bahkan apinya bisa sampai melahap rumah anda. Maka hindarilah masalah kebocoran tabung gas anda dengan langkah yang tepat. Usahakan untuk tidak panik berlebihan. Itu sama aja mengganggu konsentrasi anda.

Cara Mengatasi Tabung Gas Bocor

Hal penting yang perlu dilakukan demi mengatasi kebocoran tabung gas adalah:

  • Hindari kontak listrik

Jika anda merasa tabung gas bocor, pastikan kompor tidak menyalakan api. Lalu segera matikan lampu atau lainnya yang berhubungan dengan listrik. Karena kontak listrik dapat memicu munculnya gas di dalam ruangan. Jika hal ini terjadi bisa-bisa rumah anda hangus terbakar akibat ledakan tabung gas. Jangan kelewat panik, lakukan saja dalam keadaan tenang.

  • Segera cabut regulator gas

Meskipun bau telah tercium dari area letak tabung gas anda, pastikan diri anda untuk tetap tenang. Tarik nafas lalu cabutlah regulator dengan hati-hati. Jangan asal tarik/cabut.

  • Buka seluruh jendela rumah

Gas yang berada di dapur mungkin saja sudah cukup banyak sehingga anda perlu untuk membuka semua ventilasi udara. Selain itu bawa saja tabung gas anda keluar dari dapur (di luar rumah). Demi mengantisipasi ini, ada baiknya meletakkan tabung gas di dekat jendela yang lumayan besar. Atau juga membuat jendela rumah berukuran lebar.

  • Periksa regulator secara berkala

Kebocoran tabung tidak juga selalu dikarenakan karet yang tidak pas. Cobalah untuk memeriksa secara rutin regulator anda siapa tahu sedang bermasalah. Regulator bisa rapuh akibat pemakaian yang terlalu lama. Oleh karena itu, ketika anda melihat adanya tanda-tanda kerusakan/penurunan daya tahan, segera menggantinya dengan yang baru.

  • Bersihkan kompor setiap kali dipakai

Membersihkan kompor setiap kali dipakai juga tidak kalah penting. Sehingga debu dan kotoran tidak menempel di sana.

 

Add a Comment