Ini 5 Buah Penurun Kolesterol Jahat Secara Alami

PrimaBerita –  Beberapa buah ini bisa menjadi penurun kolesterol  jahat bagi tubuh secara alami. Tingginya kolesterol menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Kolesterol terdapat pada setiap sel tubuh dan memiliki fungsi alami yang penting dalam menstimulasi berbagai aktivitas dalam tubuh, termasuk pencernaan makanan hingga produksi hormon.

Ada dua jenis kolesterol. HDL (High-density lipoprotein) diklasifikasikan sebagai kolesterol baik dan sangat penting untuk kelancaran fungsi tubuh. HDL mengangkut semua limbah dan racun kembali ke hati.

Sedangkan LDL (Low density lipoprotein) atau sebagai kolesterol jahat adalah salah satu dari lima kelompok utama lipoprotein yang mengangkut semua molekul lemak ke seluruh tubuh.

Kolesterol jahat dapat membentuk lapisan plak pada dinding pembuluh darah arteri ke jantung. Lemak makin menumpuk membuat arteri menyempit yang menyulitkan aliran darah ke jantung.

Kadar kolesterol berkaitan erat dengan pola makan. Jika Anda mengonsumsi lemak trans seperti kentang goreng, burger dan pizza secara berlebihan, ada kemungkinan besar kadar kolesterol meningkat.

Menambahkan lebih banyak buah-buahan kaya serat, sayuran dan biji-bijian ke dalam makanan Anda dapat membantu menjaga kadar kolesterol LDL.

Berikut 5 Buah Penurun Kolesterol Jahat Secara Alami

1. Alpukat

Buah yang satu ini cocok untuk penderita tekanan darah. Alpukat mengandung sumber antioksidan yang tinggi seperti vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Selain itu, alpukat juga dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL serta trigliserida darah.

2. Tomat

Buah tomat memiliki berbagai vitamin seperti vitamin A, B, K dan C. Tomat dapat memberikan manfaat bagi mata, kulit dan jantung. Tomat mengandung kalium ramah jantung. Ini membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko stroke.

3. Apel

Menurut buku ‘Healing foods’ serat pektin yang ada dalam apel bersama dengan antioksidan polifenol dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat dan memperlambat oksidasi.

Hal tersebut dapat menjadi faktor risiko aterosklerosis, suatu kondisi yang ditandai dengan arteri yang mengeras. Bukan itu saja, polifenol ramah jantung juga mencegah radikal bebas yang merusak otot jantung dan pembuluh darah.

4. Jeruk

Buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis dan grapefruit juga dapat mengendalikan kadar kolesterol. Buah jeruk mengandung hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi dan pektin (serat) dan senyawa limonoid yang dapat memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan menurunkan kolesterol “tidak sehat” (LDL) dalam darah. Flavon antioksidan juga dapat menurunkan risiko stroke pada wanita.

5. Pepaya

Buah pepaya yang tinggi serat bisa menjadi makanan penurun kolesterol jahat. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah pepaya dengan berat 780 gram mengandung sekitar 13 hingga 14 gram serat. Serat dapat membuat pencernaan lancar dan menambah massa tinja sehingga buang air besar lancar.

Add a Comment