Jangan Tunggu Parah, Kenali 7 Gejala Awal Infeksi Kandung Kemih

Primaberita – Infeksi kandung kemih adalah infeksi dan peradangan yang terjadi pada kandung kemih atau vesica urinaria. Hal itu umumnya disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini bisa menjadi semakin parah jika bakteri menyebar naik hingga ke ginjal.

Dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering mengalami infeksi kandung kemih. Hal ini disebabkan karena saluran uretra (saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh) pada wanita lebih pendek dan lubang uretra dekat dengan anus.

Baca juga : Kenalan Dengan Alpukat, Si Hijau Yang Menyehatkan

Gejala awal infeksi saluran kemih? Cek 7 tandanya berikut ini:

1. Urine Berbau

Jika kencing Anda biasanya jernih atau kuning muda, lalu berubah menjadi merah dan gelap, maka sudah sepatutnya Anda waspada. Karena ketika datangnya infeksi saluran kemih, urin yang keruh bisa menjadi salah satu tanda pertama.

“Bagi sebagian besar orang sehat yang hidrasi dengan baik, urin seharusnya hampir tidak berbau atau dalam beberapa kasus seharusnya hanya memiliki sedikit aroma amonia,” kata S. Adam Ramin, MD, ahli urologi dan direktur medis Spesialis Kanker Urologi di Los Angeles.

2. Buang air lebih sering

Gejala awal lain dari infeksi saluran kemih yang akan datang adalah merasa perlunya Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya, ucap ahli endokrinologi reproduksi Dr. Janelle Luk, yang merupakan direktur medis dan salah satu pendiri Generation Next Fertility.

3. Gampang kebelet

Perlu diingat bahwa gejala infeksi saluran kemih Anda akan tergantung pada tingkat keparahan infeksi, kata Wood. Tanda awal lain yang harus diwaspadai adalah keinginan kuat untuk buang air kecil.

“Ini adalah dampak dari peradangan area kandung kemih dan uretra Anda akibat infeksi. Peradangan memberi tekanan pada reseptor (ujung syaraf yang peka) yang memberi sinyal ketika Anda perlu buang air kecil,” tambahnya.

4. Rasanya seperti kantong kemih tak pernah kosong

Sekali lagi karena peradangan, Anda mungkin juga merasa bahwa Anda harus buang air kecil, meskipun baru saja pergi.

“Peradangan juga mempersempit lubang yang bisa dilewati urin. Yang berarti Anda biasanya hanya buang air kecil dalam jumlah sedikit setiap hari,” jelasnya.

Apa pun masalahnya, perubahan menyakitkan atau tidak nyaman untuk rutinitas kamar mandi yang biasa, Anda memerlukan perawatan ke dokter.

5. Memiliki Sensasi Terbakar

Gejala awal lainnya adalah sensasi terbakar ketika buang air kecil.

“Karena jaringan yang meradang sangat sensitif dan menyebabkan perasaan terbakar ketika urin melewatinya,” kata Wood.

Baca juga : Kombinasikan Buah Ini Untuk Sarapan Yang Terbaik

6. Nyeri perut bawah

Nyeri perut bagian bawah juga bisa menjadi tanda peringatan dini.

Anda mungkin merasakan sakit atau kram yang tumpul. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah minum banyak air minearl, yang dapat membantu menyiram saluran kencing.

7. Memiliki sedikit kontrol atas kandung kemih

Ini cukup menyebalkan, jika memiliki sedikit kontrol atas kandung kemih.

Dan ini bisa membuat Anda merasa ingin buang air kecil sebelum mencapai kamar mandi.

Ini juga bisa terjadi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan yang dapat membuat keinginan untuk buang air kecil menjadi sangat kuat.

Add a Comment