Cara Membersihkan Bayi yang Baru Lahir dengan Tepat

awanbabyclothing – Bagi bunda baru pasti masih kesulitan untuk membersihkan bayi yang baru lahir, tentu saja harus dengan bantuan bidan atau sanak saudara. Selain karena takut kulit bayi lecet atau iritasi bunda baru pasti menghindarinya.

Cara membersihkan bayi yang baru lahir harus dengan hati-hati dan dengan tepat tentunya. Sekarang para bund atidak perlu khawatir lagi. Tips dibawah ini bisa membantu para bunda baru untuk membersihkan bayi yang baru lahir.

Lihat juga : Penyebab Paling Umum Bayi Sembelit

Berikut tahapan membersihkan bayi yang baru lahir :

MATA DAN TELINGA

Basahi kapas dengan air matang yang suam-suam kuku. Usapkan pada setiap matanya, bagian atas dan bawah, dengan dari arah sudut dalam hingga ke luar. Gantilah kapas di setiap usapan dan untuk setiap mata untuk menghindari penyebaran infeksi.

Gunakan kapas lebih banyak untuk membersihkan daerah sekitar dan belakang telinga. Jangan bersihkan bagian dalam telinganya karena sudah dilindungi oleh selaput lendir yang mampu membersihkan sendiri.

LEHER

Ini adalah bagian yang sulit dibersihkan kecuali Anda bisa membuat Si Kecil menengadah supaya bagian depan lehernya terbuka. Usap bersih dengan kapas basah, lalu tepuk-tepuk hingga kering dengan lap lembut untuk meminimalisasi risiko blackneck.

TANGAN
Bukalah kepalan tangan Si Kecil. Besihkan sela-sela jari tangan dan kukunya. Usap lembut dan tepuk-tepuk hingga kering seperti sebelumnya.

Lihat juga : 6 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

KAKI
Usap bagian atas dan telapak kaki Si Kecil. Bersihkan juga sela jari-jari kakinya. Tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk.

PERUT DAN TUNGKAI
Bayi yang terus menggeliat membuat area ini sulit dibersihkan. Usap perutnya dengan kapas basah yang banyak. Lalu, gunakan kapas baru untuk membersihkan lipatan di bagian bawah perutnya.

Usap sepanjang lipatan tersebut ke arah luar tubuhnya untuk menghindari penyebaran infeksi ke area genital. Hal ini penting terutama bagi bayi perempuan. Keringkan dengan lap atau handuk lembut. Pastikan tidak ada area lembap yang tersisa.

Add a Comment