Kelelahan Bisa Mengakibatkan Kematian, Cegah Kelelahan Dengan Ini

Primaberita – Bekerja berlebihan, baik karena lembur atau berniat menyicil kerjaan untuk esok harinya, bisa berbahaya bagi kesehatan dan kebahagian. Terlebih lagi pekerjaan tersebut membuat kelelahan dan ternyata kelelahan bisa mengakibatkan kematian loh.

Bekerja terlalu lama atau terlalu giat bisa menyebabkan level stres yang sangat tinggi. Apalagi jika sebelumnya tidak memiliki istirahat yang cukup. Saat stres, jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya.

Direktur medis di Stanford Cardiovascular Health, dr. Alan Yeung mengatakan bahwa seseorang yang memiliki tingkat stres tinggi akan mengalami peningkatan irama jantung dan tekanan darah. Kedua kondisi itulah yang kemudian akan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan gagal jantung, terutama pada mereka yang telah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Baca juga : Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Perut Kosong, Berbahaya !

Kematian akibat gagal jantung yang disebabkan oleh stres sangat mungkin, tetapi kasusnya cukup jarang. Penyakit jantung akibat kelelahan karena bekerja terlalu lama mungkin terjadi dan meningkat risikonya apabila orang tersebut telah memiliki beberapa masalah kesehatan sebelumnya, seperti riwayat penyakit jantung atau stres berkepanjangan.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kelelahan tidak secara langsung menyebabkan kematian akibat penyakit jantung. Namun, kondisi stres berkepanjangan dan iskemia-lah yang menyebabkan risiko kematian akibat penyakit jantung meningkat.

Kelelahan bisa mengakibatkan kematian cegah kelelahan akibat bekerja dengan cara berikut ini

  • Makan camilan sehat di tengah pekerjaan
  • Hindari makanan/minuman bergula siap saji
  • Tidur cukup Hindari pemicu stres
  • Kurangi konsumsi kafein
  • Minum yang cukup
  • Lebih aktif bergerak
  • Bercanda dengan rekan kerja.

Humor diketahui dapat meningkatkan fungsi jantung dan produktivitas kerja.

Terkait : Bahaya, Jangan Makan Buah Ini Secara Bersamaan Berakibat Fatal

Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Mengakibatkan Depresi Berat

Kelelahan memang tidak menyebabkan kematian secara langsung. Namun, apabila tetap merasa lelah padahal telah menerapkan pola hidup sehat, ada baiknya berkonsultasi ke dokter.

Add a Comment