Bahaya Makan Jeroan Setiap Hari, Batasi Segera

bahaya makan jeroan setiap hari

PrimaBerita – Daripada memilih daging hewan, beberapa orang tidak jarang lebih memilih jeroan, Namun saat ini banyak orang yang masih menganggap kurang baik bagi kesehatan. Ada beberapa efek atau bahaya yang timbul ketika makan jeroan setiap hari.

Jeroan, seperti hati, ampela, jantung, lidah, otak, dan babat. Memang, banyak ahli yang mengatakan bahwa jeroan mengandung nutrisi yang tidak sedikit. Bahkan jeroan sering disebut sebagai super food karena kaya akan berbagai vitamin dan mineral, yakni vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, besi, fosfor, dan magnesium.

Meski memiliki banyak nutrisi, namun anda tidak bisa makan jeroan ini dengan frekuensi yang sering atau hampir setiap hari.

Melansir dari laman Healthy Eating, para pakar kesehatan berpendapat sebaiknya konsumsi jeroan tidak lebih dari satu kali per minggu. Karena kandungan zat gizi baik dari jeroan tidak bisa tubuh manfaatkan maksimal jika anda konsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsinya sesuai dengan kecukupan tubuh Anda.

Bahaya yang mengintai saat makan jeroan setiap hari :

Kolesterol tubuh meningkat

Rekomendasi asupan lemak dari WHO, yakni tidak lebih dari 30 persen dari asupan total energi per hari. Ini setara dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementrian Kesehatan RI, yakni sekitar 75 gram lemak bagi wanita dan 91 gram lemak bagi pria per harinya. Atau mudahnya, setara dengan 67 gr lemak per hari jika total kebutuhan energi Anda 2000 per hari.

American Heart Association menganjurkan bahwa usia dewasa sebaiknya menurunkan kadar kolesterol tubuh. Maka, konsumsi lemak tidak boleh lebih dari 5-6 persen dari jumlah total kalori harian yang dianjurkan.

Jika asupan lemak melebihi porsi yang seharusnya, maka akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh yang kemudian membentuk plak pada pembuluh darah Anda sehingga pembuluh darah menyempit dan mengakibatkan munculnya penyakit jantung.

Kelebihan kadar vitamin A

Vitamin A yang terkandung dalam jeroan cukup tinggi sehingga jika anda konsumsi dalam waktu yang sering maka akan tertumpuk dalam tubuh dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya sakit kepala, mual, serta kerusakan hati.

Apalagi bagi ibu hamil, jika mengonsumsinya melebihi batas yang seharusnya akan menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi. Cacat lahir tersebut meliputi kelainan jantung, sumsum tulang belakang, mata, telinga, hidung, maupun cacat pada saluran pencernaan dan ginjal.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa seorang ibu hamil yang mengonsumsi lebih dari 10.000 IU vitamin A per hari, memiliki risiko 80 persen lebih tinggi untuk melahirkan anak dengan cacat lahir dibandingkan ibu yang mengonsumsi 5.000 IU atau kurang dari batasan rekomendasinya per hari. Oleh karena itu, penting untuk memantau asupan vitamin A harian, terutama jika Anda rutin minum suplemen dengan kandungan vitamin A.

Memperburuk penyakit asam urat

Asam urat akan muncul saat Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Semakin banyak purin yang makanan anda makan hasilkan. Maka semakin tinggi pula kadar asam urat yang tubuh keluarkan.

Kadar purin yang tinggi kemudian menjadi kristal, yang akan menumpuk pada sendi dan jaringan tubuh lainnya. Itu sebabnya persendian menjadi nyeri dan bengkak. Maka dari itu, penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari makan jeroan, sebab jeroan mengandung kadar purin yang tinggi.

Add a Comment