Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat Perut Kosong, Berbahaya !

Primaberita – Saat perut kosong kinerja tubuh kita biasanya kurang optimal dan untuk melakukan sesuatu hal pun sudah tidak bisa fokus lagi. Sampai akhirnya kita kadang membuat keputusan yang bisa merugikan dan disesali nantinya.

Selain dari itu, menjaga perut untuk tetap pada kondisi kosong juga dapat membahayakan kesehatan kita.

Berikut 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat perut kosong

  1. Berdebat

Peneliti telah membuktikan bahwa kelaparan membuat kita kurang berpikir sistematis. Pengendalian diri membutuhkan energi, yang tentu saja kurang pasokannya jika perut kosong. Berdebat saat perut kosong bisa membahayakan lawan bicara, meningkatkan emosi, ucapan yang keluar tanppa di pikirkan dahulu dan pastinya tidak akan menyelesaikan masalah.

Sebaiknya sebelum berdebat isi dahulu perut atau minum air agar percakapan bisa lebih bersahabat.

2. Minum Jus Jeruk Murni

Serat asam dan keras yang terkandung dalam buah sitrus mengiritasi perut kosong Anda, yang bisa berbahaya bagi mereka yang menderita atau berpotensi gastritis.

Gastritis merupakan penyakit pada lambung yang terjadi akibat peradangan dinding lambung.

Sebaiknya campurkan jus jeruk segar dengan air dalam rasio 1 : 1 agar tidak mengiritasi perut karena perbandingannya yang seimbang.

Baca juga : Tidak Mencuci Tangan Dapat Menyebabkan Penyakit Hepatitis Hingga….

3. Belanja

Kita semua tahu bahwa rasa lapar saat belanja membuat kita membeli lebih banyak makanan daripada yang sebenarnya kita butuhkan. Menurut penelitian, pesan di otak: “Saya ingin makanan” berubah menjadi “saya mau sesuatu,” dan orang yang kelaparan mematuhi pesan itu dengan membeli barang-barang.

Sebaiknya buat daftar belanja sebelumnya dan membayar dengan uang tunai yang dibawa secukupnya.

4. Latihan intensif

Berolahraga dengan perut kosong tidak mempengaruhi lemak. Sebaliknya, yang terjadi adalah kehilangan otot. Intensitas latihan juga berkurang karena tubuh kekurangan energi.

Sebaiknya ganti latihan intensif dengan latihan aerobik. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, lebih baik Anda mengudap sedikit makanan kecil sebelum berolahraga karena aktivitas fisik menginduksi produksi asam lambung.

Terkait : Bahaya, Jangan Makan Buah Ini Secara Bersamaan Berakibat Fatal

Terlalu Banyak Makan Buah Bisa Bikin Gemuk?

5. Tidur

Kelaparan dan kadar glukosa yang rendah menyebabkan tidur tak nyenyak dan mudah terbangun. Menariknya, kurang tidur meningkatkan tingkat hormon kelaparan. Inilah alasan mengapa kita makan lebih banyak pada hari berikutnya setelah melewatkan makan malam.

Makan sebelum tidur juga merupakan ide yang buruk. Solusi terbaik mengkonsumsi produk susu karena mengandung magnesium dan kalsium dan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh seperti yoghurt, pisang dan telur rebus.

Add a Comment