Over, inilah Efek Samping Kebanyakan Kopi!

PRIMABERITA –http://PRIMABERITA.COMKopi dikenal dengan minuman yang bagus untuk kesehatan. Sebagian besar orang juga beranggapan bahwa hari tidak akan dimulai jika belum meminum kopi. Kopi memang nikmat dan bagus untuk kesehatan. Namun segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan bagus untuk kesehatan, begitu juga dengan kopi.

Efek samping terlalu banyak kopi pada tubuh, waspadailah.

Sakit perut

Tanpa kita sadari, sering ketika perut terasa sakit kita akan mengira bahwa penyebabnya adalah salah makan ataupun sedang PMS. Namun kenyataannya, minum kopi juga bisa menyebabkan perut sakit. Para ahli menemukan adanya senyawa tertentu dalam kopi yang merangsang sekresi asam lambung di sel-sel perut. Untuk itu, jangan mengkonsumsi terlalu banyak kopi setiap harinya.

Sulit tidur

Mengkonsumsi kopi yang berlebihan juga akan membuat kita menderita insomnia (penyakit susah tidur). Meski sulit untuk dipercayai, nyatanya kopi akan memiliki peranan besar dalam siklus tidur kita. Menurut Mayo Clinic, kopi dapat bertahan selama 14 jam dalam system pencernaan dan hal ini akan meningkatkan kewaspadaan dan membuat kita susah tidur.

Sakit kepala

Menurut Cleveland Clinic, kafein dalam jumlah sedang bisa membantu meredakan sakit kepala. Batas aman untuk mengkonsumsi kafein adalah 500 miligram setiap harinya. Namun mengkonsumsi kafein atau kopi dalam jumlah lebih dari itu untuk jangka waktu yang lama, kita bisa mengalami gejala penarikan kafein yang biasa berupa sakit kepala dan kelelahan.

Merasa cemas

Ketika sedang berkerja atau memikirkan sesuatu atau ngantuk, biasanya kita akan tergoda untuk menikmati secangkir kopi agar lebih bersemangat. Namun kenyataannya, National Institute of Mental Health justru menyarankan kita agar menghindari kafein. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi terlalu banyak kopi justru menambah rasa cemas, dan kecemasan itu muncul akibat efek kafein dalam kopi yang membuat kita susah tidur atau memacu respons flight or fight.

Jantung berdebar

Fakta menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman berkafein dapat memicu jantung untuk berdebar lebih kencang daripada biasanya. Dalam beberapa kasus, jantung yang berdebar kencang dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan.

BACA JUGA : MEMORI YANG KUAT DENGAN GAYA HIDUP INI!

Add a Comment