Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Makan Udang

Manfaat Makan Udang

PrimaBerita – Sayang sekali sebenarnya jika melewatkan manfaat makan udang. Jenis seafood (makanan laut) yang satu ini memiliki rasa yang enak dan tekstur dagingnya juga empuk saat diolah. Sehingga udang menjadi bahan yang paling sering dalam membuat sajian lauk maupun camilan. Selain itu udang juga sangat mudah kita temukan.

Secara umum, udang memiliki nutrisi dan gizi sebagai berikut.

  • Mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, zinc, serta fosfor
  • Protein
  • Yodium
  • Asam lemak omega-3
  • Antioksidan

Selain itu dalam 85 gram udang matang terdapat kandungan 84 kalori serta 20 gram protein. Lebih menariknya lagi, kandungan lemak dalam udang tergolong rendah sehingga anda tak perlu khawatir saat mengonsumsi udang. Oleh berkat kandungan itulah udang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Bagi Tubuh Ketika Makan Udang

Saat mengolahnya menjadi sajian lezat, misalnya udang saus padang, sajian tersebut sudah berkontribusi untuk menunjang kesehatan.

1. Membantu Produksi Hormon Tiroid

Yodium berguna dalam memproduksi hormon tiroid dan makanan laut seperti udang mengandung kadar yodium yang cukup tinggi. Oleh sebab itu proses metabolisme tubuh pun menjadi lebih terjaga. Sebab tanda asupan yodium yang cukup, seseorang beresiko mengalami penyakit gondok.

2. Bantu Proses Pembentuk Sel dan Jaringan Tubuh

Berkat kandungan nutrisi udang, manfaat lain yang boleh kita rasakan yaitu membantu proses pembentukan sel dan jaringan tubuh. Tak hanya itu protein juga berfungsi dalam memproduksi berbagai enzim.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Udang juga berpartisipasi dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi karena kandungan kalsiumnya. Anda bisa memasak udang goreng misalnya.

4. Menyehatkan Jantung

Sama seperti ikan, mengonsumsi udang juga bagus untuk kesehatan jantung. Ini karena terdapatnya kandungan seperti omega 3 dan 6.

Tapi meski udang memiliki banyak manfaat bagi tubuh akan tetapi seseorang yang alergi terhadap udang atau seafood tidak disarankan mengonsumsi udang. Beberapa gejala yang dapat muncul ketika mengonsumsi udang saat alergi yaitu pusing, mual, muntah, kulit terasa gatal-gatal, hingga munculnya pembengkakan pada area wajah dan mulut. Tentu gejala ini harus anda waspadai.

Add a Comment