5 Bahaya Kesehatan akibat Sering Memakai Skinny Jeans

PrimaBerita – Bahaya kesehatan akibat sering memakai Skinny Jeans, bagi perempuan yang suka memakai ini sebaiknya jangan terlalu sering.

Skinny jeans bisa memberikan kesan kaki yang lebih jenjang. Selain itu, skinny jeans juga mudah untuk anda padukan dengan berbagai jenis atasan. Namun menggunakan skinny jeans membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

Beberapa bahaya yang mungkin timbul akibat sering memakai skinny jeans

1. Menyebabkan mati rasa pada kaki

Jika anda sering merasakan mati rasa atau kesemutan saat mengenakan skinny jeans, maka sudah waktunya anda mengganti fashion item ini.

Sebuah studi melaporkan tentang seorang perempuan yang mengenakan skinny jeans saat membantu temannya pindah rumah. Perempuan ini kemudian pergi ke dokter karena merasakan kelemahan dan mati rasa pada kakinya.

Dokter yang menanganinya menemukan bahwa otot dan saraf pada betisnya mengalami kerusakan sementara. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom kompartemen, yang diakibatkan oleh meningkatnya tekanan di kaki, perut atau lengan, jaringan yang merusak.

2. Masalah pencernaan

Menurut laman CBS News, mengenakan skinny jeans yang ketat, terutama padabagian pinggang, dapat menyebabkan masalah pencernaan ringan, seperti ketidaknyamanan perut, mulas, dan sendawa. Saat anda makan dengan menggunakan celana yang terlalu ketat, tubuh akan kesulitan mencerna.

Pakaian ketat, terutama pada sekitar pinggang, dapat menyebabkan tekanan abnormal pada organ dalam. Hal ini kemudian dapat menyebabkan mulas dan asam lambung.

3. Kerusakan saraf

Menurut laman Well Org, penggunaan skinny jeans dapat memungkinkan terjadinya sindrom kompartemen, yang mengurangi suplai darah ke otot kaki, menyebabkan pembengkakan dan kerusakan saraf pada kaki dan betis. Selain itu, skinny jeans dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan nyeri saraf pada area paha dan selangkangan setelah membungkuk.

Oleh sebab itu, skinny jeans perlu anda hindari saat hendak melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Karena bukan hanya tidak nyaman, menggunakan skinny jeans saat sedang banyak beraktivitas bisa menyebabkan kerusakan saraf.

4. Kerusakan otot

Saat kita beraktivitas sepanjang hari, otot membutuhkan ruang untuk mengembang dan berkontraksi. Jika anda akan melakukan aktivitas yang padat, pilihlah celana yang lebih longgar.

Melansir dari laman The List, skinny jeans dapat membatasi otot sehingga menyebabkan kerusakan serius. Jika celana jeans terlalu pas, ini akan menyebabkan tekanan yang memicu gangguan sirkulasi darah.

5. Memengaruhi kesehatan mental

Mengenakan skinny jeans tidak hanya berbahaya bagi fisik, tapi juga memengaruhi aspek kesehatan mental. Memaksa tubuh bagian bawah untuk mengenakan pakaian super ketat dapat mengubah pandangan terhadap tubuh kita sendiri.

Menurut ahli diet gangguan makan dari Understanding Nutrition, betapapun langsingnya seseorang, mengenakan skinny jeans hampir selalu menyebabkan adanya tonjolan lemak pada perut dan rasa tidak nyaman di pinggang saat sedang duduk. Hal ini kemudian membuat seseorang merasa gemuk. Kondisi ini dapat memengaruhi kepercayaan diri dan memicu seseorang melakukan diet yang tidak dibutuhkan.

Add a Comment