Sering Mengalami Hal Ini? Bisa Jadi Tanda Usus Anda Sudah Kotor

PrimaBerita – Tanpa anda sadari, hal-hal yang terjadi dalam diri ini anda bisa saja sinyal dari tubuh bahwa ada organ yang sedang tidak baik misalnya usus anda sudah kotor tentunya pasti akan memberikan tanda khusus.

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala kesehatan yang bisa kita alami jika usus berada dalam kondisi kotor. Apalagi jika sampai di bagian usus dipenuhi dengan kotoran.

Berikut adalah berbagai tanda usus anda sudah kotor

Mengalami Sembelit

Mengalami sembelit tak hanya membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman, penumpukan kotoran ini bisa membahayakan kesehatan. Bahkan, bisa jadi hal ini memicu radang usus buntu yang sangat menyakitkan.

Baca juga : 9 Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan, Meningkatkan Kesehatan Usus

Seringkali, sembelit disebabkan oleh pola makan yang buruk, khususnya yang terlalu banyak lemak atau kurang serat. Hanya saja, beberapa hal lain seperti stres atau konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebabnya.

Mengalami Nyeri pada Beberapa Bagian Tubuh

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai gejala ini yaitu mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh karena bisa jadi hal ini menandakan bahwa usus sudah terinfeksi bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lebih serius.

Tubuh yang Mudah Lelah

Tubuh yang mudah lelah tak melulu karena aktivitas fisik terlalu berat atau kurang tidur. Bisa jadi hal ini juga terkait dengan kondisi pencernaan yang buruk, tepatnya usus yang berada dalam kondisi kotor.

Hal ini disebabkan oleh kotoran, sisa makanan, limbah, dan berbagai zat beracun lainnya yang tak kunjung dibuang akan masuk kembali ke aliran darah dan akhirnya mempengaruhi fungsi berbagai macam organ dan membuat kita mudah lelah. Hal ini juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun drastis dan akhirnya memicu datangnya masalah kesehatan.

Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut tak selalu disebabkan oleh malas membersihkan gigi dan mulut. Dalam realitanya, hal ini juga bisa disebabkan oleh usus yang kotor. Sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan berimbas pada keluarnya gas lewat mulut. Hal ini tentu akan menyebabkan sensasi tidak nyaman.

Baca juga : Waspada! Ini Penyebab Tekanan Darah bisa Naik Drastis

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat seperti sayuran atau buah yang tinggi serat demi membantu membersihkan usus. Hal ini juga bisa melancarkan pencernaan sehingga kita bisa membuang kotoran dan berbagai sisa makanan.

Hanya saja, jika kita mengalami sembelit parah yang sulit untuk diatasi meski kita sudah mengubah pola makan yang lebih sehat, sebaiknya segera meminta bantuan ke dokter demi mendapatkan obat atau penanganan medis yang tepat seperti dengan mengonsumsi obat laksatif.

Add a Comment