Tanda Yang Akan Ditunjukkan Kulit Saat Anda Terserang Diabetes

tanda yang ditunjukkan kulit saat diabetes

PrimaBerita – Tanda-tanda pada kulit yang ditunjukkan saat diabetes biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe-2. Salah satunya adalah timbul reaksi alergi terhadap insulin atau pengobatan diabetes.

Diabetes banyak menyerang orang tua, terlebih umur lansia. Gejala yang paling umum yang anda dapatkan adalah sering kehausan, pandangan kabur, rasa letih yang tak biasa, penurunan berat badan, serta warna kulit juga gelap.

Jadi, tanda yang akan ditunjukkan kulit saat anda terserang diabetes, antara lain:

Adanya bercak hitam pada kulit

lihat lainnya : Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan Yang Tepat Bagi Orangtua

Jika kemunculan tanda bercak hitam yang tak biasa di area belakang leher, ketiak, dan selangkangan, sebaiknya periksakan kondisi anda ke dokter lebih jauh. Sebab itu bisa jadi menunjukkan tanda diabetes bagi anda.

Adanya benjolan kuning, merah, atau kecokelatan di kulit

Benjolan sering dianggap sebagai jerawat semata. Tetapi jika benjolan yang anda temukan di kulit adalah semakin keras dan membengkak serta ditandai rasa gatal, maka diabetes telah menyerang anda.

Kulit menjadi kering di sekitar penglihatan

Saat anda tak mampu mengontrol diabetes maka kadar lemak di dalam darah bisa meningkat. Itulah yang menyebabkan kulit menjadi kering di sekitar mata.

Kulit terasa gatal

Yang menyebabkan rasa gatal berlebih pada kulit adalah tingginya kadar gula darah. Dampak lainnya kulit juga akan terasa kering.

Kulit menebal

Kondisi kulit pada penderita diabetes yang paling umum ialah kulit semakin menebal. Kemudian membengkak lalu keras pada bagian belakang tangan. Jika tidak ditangani secara lebih intens maka hal ini bisa menyebar dengan cepat. Bisa ke lengan atas, dada, leher, bahkan wajah anda pun akan terkena sebarannya.

Tumbuh kutil

Biasanya pertumbuhan kutil ditandai saat kebersihan kulit anda tidak beres. Hal ini ditandai dengan adanya benjolan kecil berdaging yang lahir pada kulit manusia. Kondisi ini biasanya dialami penderita diabetes berusia paruh baya. Tidak terlalu bahaya, tetapi anda harus tetap memperhatikan kondisi kesehatan kulit anda.

Kulit melepuh

Tanda kulit melepuh juga dialami oleh para penderita diabetes akibat neuropati diabetik. Dan pelepuhan kulitnya bisa terjadi di sekitar jari, lengan, dan kaki.

Kemunculan luka di kulit

Tanda terakhir yang ditunjukkan kulit saat diabetes yaitu adanya luka. Hal ini bisa terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam jangka waktu yang lama. Sirkulasi darah akan terganggu sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada sistem saraf. Dan biasanya luka yang ditemui para penderita diabetes akan muncul di kaki.

Add a Comment