Penyebab Penyakit Tipes yang Jarang Diketahui Banyak Orang

penyebab penyakit tipes

PrimaBerita – Penyakit tipes merupakan jenis penyakit yang sering banyak orang alami, baik itu anak-anak, remaja hingga orangtua. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa penyebab penyakit tipes yang jarang diketahui banyak orang.

Tipes atau tifus merupakan penyakit yang menyerang pencernaan. Meski terbilang penyakit umum, namun kondisi ini tidak bisa anda sepelekan. Pasalnya, penanganan yang telat dapat membuat tipes menyerang seluruh anggota tubuh.

Gejala penyakit tipes.

  • Demam yang meningkat secara bertahap tiap hari hingga mencapai 39°C–40°C dan biasanya akan lebih tinggi pada malam hari
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Merasa tidak enak badan
  • Sakit perut
  • Berat badan menurun

Pada orang dewasa gejala sakit tipes biasanya berlangsung selama 3-4 minggu, bahkan bisa lebih lama. Begitu juga gejala tipes pada anak-anak. Intensitas gejalanya pun bisa bervariasi. Ada yang merasakan banyak gejala ringan, ada juga yang hanya merasakan sedikit tapi terasa berat.

Berikut Penyebab Penyakit Tipes yang Jarang Diketahui Banyak Orang :

Kurang menjaga kebersihan

Baik itu kebersihan badan ataupun kebersihan lingkungan hal ini bisa beresiko membuat anda terkena tipes. Penyebab utama penyakit tipes adalah bakteri salmonella typhi.

Jenis bakteri ini bisa menjangkit kapan saja jika anda tidak mencuci tangan dengan bersih setelah melakukan buang air kecil atau air besar.

Beraktivitas saat hujan dan banjir

Hujan bisa membuat orang terjangkit penyakit demam tifoid. Kondisi ini akan semakin parah ketika anda berada pada tempat yang banjir, dan akan mempermudah berkembangnya bakteri yang bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh, terutama penyakit tipes.

Bakteri salmonella typhimurium adalah bakteri yang mudah berkembang pada kondisi lembab dan banyaknya air keruh yang menggenang.

Jajan sembarangan.

Sering makan sembarangan bisa menjadi penyebab utama terkena penyakit tipes. Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak yang suka jajan sembarangan.

Tidak memerhatikan kebersihan air.

Air sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Untuk itu gunakan perhatikan kebersihan air anda agar penyakit tipes menjauh dari anda.

Tidak memperhatikan kebersihan kamar mandi

Jika kamar mandi kotor dapat membuat seseorang mudah terjangkit penyakit, begitupun dengan penyakit tipes.

Langkah terbaik yang bisa anda lakukan adalah jangan lupa untuk membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan usai menggunakan kamar mandi.

 Saling bertukar pakaian.

Hal ini terlihat sepele, tapi bakteri yang hasil keringat bisa saja membuat anda terjangkit penyakit yang serius, salah satunya adalah tipes. Maka dari itu berhati-hatilah saat bertukar barang pribadi dengan teman atau kerabat terdekat anda.

Kelelahan saat tubuh sedang lemah

Kelelahan saat kondisi badan sedang tidak fit adalah salah satu penyebab yang bisa membuat tubuh terjangkit tipes juga, karena saat anda memaksakan melakukan kegiatan dengan keadaan yang kurang baik, maka akan sangat rawan terjangkit berbagai penyakit termasuk tipes.

Mengonsumsi air minum yang kotor

Selain dari makanan, tipes juga bisa terinfeksi lewat air minum. Tanpa anda sadari, kotoran atau tinja manusia bisa masuk mencemari air yang anda konsumsi sehari-hari. Terlebih bagi anda yang suka jajan minuman dingin. Es batu yang anda gunakan untuk mendinginkan minuman, masih bisa membawa bakteri penyebab tipes.

Berhubungan intim dengan penderita tipes

Berhubungan intim dengan orang yang terjangkit tipes ternyata berpeluang besar untuk tertular. Bakteri tersebut bisa tertular pada anda melalui oral dan anal seks.

Berbagi peralatan makan dengan penderita tipes

Tak hanya bertukar pakaian, berbagi peralatan makan dengan penderita tipes juga merupakan salah satu penyebab terjangkit tipes. Bisa jadi, bakteri penyebab tipes masih berada di permukaan alat makan.

Untuk itu, pastikan untuk menggunakan peralatan makan yang berbeda dari penderita sakit tipes. Pastikan pula untuk selalu bijak menolak saat diminta berbagi peralatan makan dengan penderita penyakit tipes. Jika tubuh sedang tak prima, tipes dapat mengancam kesehatan di dalam tubuh.

 

Add a Comment