Jangan Asal Percaya !! Ini Deretan HOAX Tentang Kolesterol

Deretan HOAX tentang Kolesterol

PrimaBerita – Deretan hoax tentang kolesterol menjadikan tidak sedikit orang khawatir. Seperti yang kita ketahui penyakit kolesterol berbahaya bagi tubuh karena bisa menjadi faktor risiko penyakit mematikan seperti jantung.

Namun, ada beberapa mitos mengenai kolesterol yang sering dianggap benar oleh sebagian orang. Jangan sampai anda percaya.

Berikut ini deretan hoax tentang kolesterol

Kolesterol Buruk Bagi Tubuh

Kolseterol tidak selamanya buruk, kenyataannya tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk melindungi sel, membentuk hormon, menjaga fungsi otak dan lain sebagainya.

High-Density Lipoprotein (HDL) dan Low-Density Lipoprotein (LDL) ada dalam tubuh. HDL sering disebut kolesterol baik, sedangkan LDL sering disebut kolesterol jahat. Penyakit jantung bisa disebabkan karena kadar LDL yang terlalu tinggi sehingga mengendap pada pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan.

Orang Kurus Aman dari Kolesterol

Salah satu efek dari kolesterol yaitu kegemukan atau obesitas. Namun, bukan berarti orang kurus pasti aman dari sakit kolesterol. Faktanya, orang kurus memiliki risiko yang sama seperti orang gemuk terhadap kolesterol.

Lantaran itu, orang yang tidak mudah bertambah berat badan tetap harus menjaga makanannya. Jangan makan makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol tinggi. Selain itu, periksakan juga kadar kolesterol secara rutin.

Kadar Kolesterol Hanya Bisa Diturunkan dengan Obat

Saat kadar kolesterol tinggi, anda harus segera mencari tahu penyebabnya. Dengan memperbaiki penyebabnya, kadar kolesterol pun akan membaik. Ada banyak kemungkinan penyebab kolesterol tinggi, antara lain pola makan yang buruk, kurang olahraga, infeksi, stres mental, dan stres fisik misalnya pascaoperasi.

Makanan Tinggi Lemak Pasti Tinggi Kolesterol

Ada makanan yang mengandung lemak tapi tidak mengandung kolesterol, contohnya yaitu alpukat.

Lemak hewani mengandung trigliserida dan kolesterol. Sedangkan lemak pada tumbuhan tidak mengandung kolesterol. Sehingga, alpukat tentu tidak mengandung kolesterol, justru alpukat merupakan salah satu buah yang baik karena mampu membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Add a Comment