Ini Bahaya Makan Kotoran Manusia bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Makan Kotoran Manusia bagi Kesehatan

PrimaBerita – Pada Rabu (19/2), 77 siswa dari Seminari Menengah Maria Bunda Segala Bangsa dipaksa oleh kakak pembina atau socious untuk makan kotoran manusia yang tentunya bahaya bagi kesehatan tubuh.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk hukuman. Tindakan keji ini tentu menimbulkan dampak bagi anak-anak tersebut, secara mental dan kesehatan. Seluruh siswa tersebut akhirnya dikumpulkan dan dipaksa untuk makan kotoran manusia dengan menggunakan sendok. Tidak sedikit dari puluhan siswa tersebut merasa mual dan muntah ketika melakukan hal tersebut.

Bagi orang yang tidak sengaja memakan atau melakukan kontak dengan kotoran tersebut, mereka lebih berisiko terpapar penyakit yang sama.

Termakan kotoran manusia secara tidak sengaja memang cukup berbahaya. Terlebih lagi, ketika Anda tidak menyadarinya, seperti makan makanan yang terkontaminasi tinja tersebut. Maka itu, kebersihan tangan dan makanan adalah salah satu upaya mengurangi risiko saluran pencernaan terkontaminasi oleh bakteri.

Baca juga : Kesehatan Ibu Hamil Harus Dijaga, Hindari 6 Kesalahan Ini!

Bahaya makan kotoran manusia bagi kesehatan tubuh

Dilansir dari Illinois Poison Center, tinja atau kotoran yang termakan termasuk beracun. Namun, kandungan bakteri pada kotoran manusia biasa ditemukan pada usus.  Walaupun tergolong rendah dari sisi bahaya, kotoran manusia tidak dimaksudkan untuk dimakan oleh mulut Anda.

Berikut ini beberapa jenis bakteri dalam kotoran yang dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan Anda.

  • Campylobacter
  • E.coli
  • Salmonella
  • Shigella

Baca juga :  Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Jantung, Lakukan Sejak dini

beberapa gejala yang ditimbulkan bakteri :

  • mual
  • muntah
  • diare
  • demam

Gejala-gejala yang disebutkan di atas sebenarnya hampir mirip dengan gejala keracunan makanan. Sementara itu, bahaya lain dari tidak sengaja makan feses adalah terpapar penyakit lain. Sebagai contoh, patogen dan virus yang dihasilkan dari hepatitis A dan hepatitis E dapat ditularkan melalui kotoran.

 

Add a Comment