Kesehatan Ibu Hamil Harus Dijaga, Hindari 6 Kesalahan Ini!

Kesehatan Ibu Hamil

Primaberita– Masa kehamilan bagi seorang ibu adalah momen yang membahagiakan. Namun, banyak dari ibu hamil melakukan segala sesuatu berdasarkan suasana hati, dan tanpa disadari mereka sering melakukan kesalahan saat dalam kehamilan. Kesehatan ibu hamil harus dijaga dengan cara menghindari kebiasaan yang bisa membahyakan.

Kesalahan yang sering dilakukan bagi ibu hamil,  perlu dihindari. Hal itu dikarenakan, dapat menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan akan terjadi. Hal penting yang harus dilakukan dalam saat keadaan hamil adalah memperhatikan kebiasaan makan dan aktivitas yang dilakukan. Sepertil, mengkonsumi makanan yang sehat dan aktivitas yang mendukung untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga bayi yang ada didalam kandungan.

Berikut ini cara menjaga kesehatan ibu hamil dengan menghindari 6 kesalahan ini:

Makan Untuk 2 Orang

Kebanyak dari ibu hamil akan  berpikir untuk makan banyak, karena harus memenuhi nutrisi untuk dua orang yaitu ibu dan bayi didalam kandungan. Ibu hamil cendrung akan makan makanan apa yang disukainya. Sehingga memiliki nafsu makan yang berlebih.

Makan banyak tanpa perhitungan saat hamil, akan menyebabkan kegemukan. Hal tersebut dapat membahayakan untuk ibu dan calon bayi. Selain itu, makan banyak ketika hamil akan menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan mendorong anak dalam kandungan untuk memiliki pola makan yang tidak sehat.

Baca juga : Bolehkan Melakukan Aktivitas Olahraga Ketika Hamil ??

Untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan cara memakan kudapan sepanjang hari. Kudapan yang sehat dan bergizi, bisa menuntasakan rasa lapar dengan cara yang sehat. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan makan kudapan sepanjang hari. Kudapan yang sehat dan bergizi bisa memuaskan rasa lapar dengan cara yang sehat, misalnya memakan buah-buahan, dan kentang goreng.

Mengonsumsi Terlalu Banyak Vitamin

Mengonsumsi vitamin adalah salah satu cara untuk mejaga kesehatan ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil, sering mengonsumsi banyak vitamin guna meningkatan kesehata ibu dan bayi dalam kandungan. Padahal, konsumsi obat-obatan dan vitamin yang berlebihan bisa menyebabkian overdosis. Hal itu disebabkan adanya campuran berlebihan antara bahan kimia dan nurtisi lain yang bisa membahayakan bagi tubuh. Maka dari itu, lebih baik semua obat dan vitamin yang dikonsumsi selama hamil, harus dalam pengawasan atau saran dari dokter.

Kurang Minum Air Putih

Mengkonsumsi Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh dan kulit. Terutama yang sedang hamil. Konsumsi air putih yang cukup dapat melindungi organ, mencegah dihidrasi, menjaga kesehatan kulit, dan menyehatkan sistem metabolisme tubuh.

Jika, Anda biasanya mengkonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas sehari, maka di saat hamil harus mengonsumsi air putih lebih banyak. Mengonsumsi air putih lebih banyak akan mencegah ibu hamil mengalami kulit kering, dan bersisik.

Tidak Berbicara Pada Janin

Bayi yang masih di dalam rahim, nyatanya bisa mendengar suara dari luar perut sang ibu. Seperti mendengar orang berbicara, musik, dan suara-suara lainnya. Perlu diketahui, berbicara dengan janin dalam kandungan bisa mendorong bayi berkenalan dengan dunia di luar rahim. Selain itu, berbicara dengan bayi juga bisa merangsang tumbuh kembang janin yang ada di dalam perut, sehingga bisa mencegah perkembangan janin yang lambat.

Baca juga :  10 Cara Membuat Anak yang Benar Agar Cepat Hamil

Tidak Berolahraga

Saat masa kehamilan, sang ibu jarang melakukan  olahraga. Karena beranggapan bahwa olahraga bisa mneyebakan cedera kehamilan, dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Padahal, olahraga itu dapat mengurangi tingkat stress, jugac membantu persiapan mental dan fisik dalam saat proses persalinan. Olahraga yang baik dan ringan untuk ibu hamil adalah melakukan jalan kaki, yoga, dan perenggangan ringan.

Stres

Kondisi psikologi saat hamil harus diperhatikan. Ibu hamil tidak boleh terlalu banyak pikiran yang menyebabkan stress. Karena stress dapat menciptkan hormonal beracun dalam tubuh. Hal ini tersebut bisa mempengaruhi kondisi ibu serta bayi, jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Untuk mengurangi stress, ibu hamil bisa melakukan dengan cara tidak memikirkan hal-hal yang berat, mandi dengan air hangat, dan sering melakukan pijat relaksasi.

 

Add a Comment