Cara Tidur Nyenyak di Malam Hari yang bisa Anda Coba

Cara Tidur Nyenyak di Malam Hari yang bisa Anda Coba

PrimaBerita – Tidur dengan nyenyak akan sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat namun anda harus melakukan beberapa cara agar tidur anda nyenyak di malam hari. Tidur juga membantu menguatkan daya tahan tubuh, menjaga suasana hati (mood), dan menjaga pikiran agar tidak stres.

Memperoleh tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan fisik maupun emosional. Banyak cara tidur nyenyak yang dapat diterapkan. Kualitas tidur yang baik akan mengembalikan semangat di pagi hari.

Berikut Cara tidur nyenyak di malam hari yang bisa anda coba :

  • Membatasi tidur siang
    Untuk menghindari tidur siang, Anda dapat mengalihkan perhatian pada hal-hal lain, misalnya berjalan kaki, minum minuman dingin, atau mengobrol. Tidurlah paling lama 20 menit.
  • Hindari bekerja, nonton TV, dan menggunakan gawai di kamar tidur
    Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda bisa rileks. Anda juga dianjurkan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Singkirkan peralatan elektronik, seperti TV dan gawai, dari tempat tidur agar tidak tergoda berselancar di dunia maya.
  • Hindari olahraga berat sebelum tidur
    Bagi Anda yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan. Melakukan yoga, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik, bisa menjadi pilihan.
  • Hindari makanan berat menjelang waktu tidur
    Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu tidur nyenyak. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. S
  • Hindari kopi atau merokok sebelum tidur
    Kopi mengandung kafein yang dapat membuat Anda sulit mengantuk. Meskipun dipaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur Anda menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.
  • Buatlah jadwal tidur yang tetap
    Tidur pada jam yang sama secara rutin bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan alarm alami. Untuk memudahkan jadwal tidur teratur, Anda bisa mencoba tidur bifasik. Lakukan kebiasaan tidur teratur, bahkan saat akhir pekan. Jadwal tidur yang tetap akan membantu Anda tidur nyenyak. Jangan lupa untuk menciptakan suasana ruang tidur senyaman mungkin dan gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat sepenuhnya.

 

Add a Comment