Manfaat Buah Durian Berdasarkan Kandungannya Bagi Kesehatan Tubuh

PrimaBerita – Buah durian dengan ciri khas aroma yang menggoda memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh berdasarkan kandungan yang berada di dalam buahnya.

Meski memiliki ragam manfaat, buah yang satu ini tidak boleh dimakan secara berlebihan karena bisa menyebabkan diare, mual dan muntah. Penderita diabetes sebaiknya tidak makan buah karena Durian memiliki kadar gula yang tinggi.

Selain penderita diabetes, ibu menyusui dan ibu hamil juga disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Baca juga : Berbagai Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh

Durian mengandung zat yang dapat menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Jika dikonsumsi bersamaan, berpotensi menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar.

Kandungan kalori pada buah Durian tinggi untuk itu bagi yang menjalani pola makan khusus untuk menurunkan berat badan sebaiknya membatasi mengonsumsi buah ini.

Berikut manfaat buah durian berdasarkan kandungannya bagi kesehatan tubuh :

Tinggi antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung. Radikal bebas ini merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme.

Serat

Serat dalam makanan yang terdiri dari buah, sayur, dan biji-bijian utuh terbukti menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

Kalium

Setidaknya terkandung 436 mg kalium di dalam 1 buah Kalium sendiri dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga : Manfaat Buah bagi Kesehatan Tubuh, Konsumsi Buah Setiap Hari

Tinggi karbohidrat

Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.

Selain beberapa jenis manfaat durian di atas, durian juga secara tradisional dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, tekanan darah tinggi, malaria, dan mengobati luka. Sayangnya penelitian klinis untuk memastikan manfaat durian tersebut masih sangat minim dan belum dapat dipastikan.

 

Add a Comment