Terkena Flu saat Musim Hujan? Ini Alasannya

terkena flu musim hujan

PrimaBerita – Flu atau influenza merupakan penyakit yang penyebabnya adalah virus yang menyerang hidung, tenggorokan, serta paru-paru. Kondisi ini sangat berbeda dengan pilek biasa (common cold). Banyak orang terkena flu saat musim hujan, apa ya penyebabnya?.

Meski gejala hampir mirip dengan kondisi common cold, tetapi penyakit flu lebih berbahaya dari pilek biasa. Penyakit flu yang tidak anda atasi dapat menjadi lebih buruk.

Lalu Mengapa banyak orang Terkena Flu saat Musim Hujan

Penyakit flu berbeda dengan pilek biasa (common cold). Gejalanya pun akan berbeda pada tiap pengidapnya. Mulai dari gejala yang ringan, hingga yang cukup parah. Bahkan, flu dapat memicu kematian jika tidak anda tangani dengan tepat.

Biasanya, gejala akan terjadi setelah 2โ€“3 hari paparan virus influenza. Berikut ini beberapa gejala terkait penyakit flu:

  • Demam;
  • Batuk;
  • Sakit tenggorokan;
  • Hidung berair;
  • Nyeri tubuh dan otot;
  • Sakit kepala;
  • Kelelahan;
  • Mual dan muntah.

Alasan mengapa terkena flu, karena musim hujan biasanya memiliki suhu yang lebih dingin. Dengan begitu, virus akan lebih mudah hidup dan menyebar pada manusia.

Sebuah penelitian dalam National Institutes of Health (NIH), selaput luar virus influenza terbuat dari molekul yang banyak orang kenal sebagai lipid.

Lipid sendiri merupakan kandungan yang terdiri dari minyak, lemak, lilin, dan kolesterol. Hal itu menyebabkan lipid tidak dapat air rusak.

Para peneliti dari NIH melakukan penelitian dengan teknik tertentu dan menyelidiki bagaimana lipid bereaksi terhadap suhu tertentu. Penelitian ini dipublikasikan dalam Nature Chemical Biology, dengan hasil bahwa lipid akan membeku saat mendekati titik beku atau suhu dingin. Sedangkan pada suhu yang lebih hangat, virus dapat mencair atau meleleh.

Dari hasil penelitian ini, mengatakan bahwa virus influenza akan mungkin menular kepada orang lain yang sehat dan masuk ke dalam saluran pernapasan. Pada saluran pernapasan, kehangatan tubuh menyebabkan lipid meleleh dan membuat virus menginfeksi tubuh yang baru.

Selain itu, saat musim hujan biasanya imunitas tubuh seseorang akan menurun sehingga rentan mengalami flu. Beragam hal menjadi pemicunya. Mulai dari kurangnya aktivitas tubuh, kurangnya asupan nutrisi, hingga kurang paparan sinar matahari.

Ada baiknya untukย  memenuhi kebutuhan istirahat, memenuhi kebutuhan cairan, dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Penyakit flu menjadi penyakit yang bisaย  anda cegah. Caranya dengan rutin mencuci tangan hingga melakukan vaksinasi flu

Add a Comment