Lakukan 10 Cara Ini Untuk Mencegah Penyakit Diabetes, Mulai Hari Ini

PrimaBerita – Mencari cara untuk mencegah penyakit diabetes haru dilakukan. Pasalnya penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan tidak bisa disembuhkan. Untuk itu pencegahan harus dilakukan sedini mungkin

Diabetes (kencing manis) adalah penyakit penyebab utama dari kebutaan dan gagal ginjal pada orang dewasa. Banyak penelitian yang juga melaporkan pengidap diabetes berisiko tinggi terkena komplikasi berupa penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Berikut 10 Cara untuk mencegah penyakit diabetes yang bisa anda lakukan hari ini :

1. Raih dan jaga berat badan tetap sehat

Memiliki berat badan ideal adalah salah satu cara mencegah diabetes di kemudian hari. Pasalnya, orang yang obesitas (kelebihan berat badan) berisiko terhadap penyakit ini.

Obesitas mengganggu kerja metabolisme yang pada akhirnya membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespon insulin dengan baik.

Baca juga : Makan Buah Ini Untuk Menurunkan Resiko Hipertensi

Selain mencegah diabetes, menurunkan berat badan juga mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis, seperti stroke, penyakit jantung, hati, maupun tulang.

2. Makan makanan bergizi

Cara mencegah diabetes tidak hanya sebatas memastikan gizi makan. Tindakan pencegahan diabetes juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Sekali-kali cobalah karbohidrat lain yang lebih sehat tapi tetap mengenyangkan, misalnya nasi merah, jagung, atau ubi jalar.

Selain itu, Anda juga perlu perhatikan porsi gula, garam, dan minyak yang ditambahkan ke masakan agar hasil dalam mencegah diabetes jadi lebih maksimal.

3. Perhatikan porsi makan

Jika Anda merasa sulit beralih dari nasi putih ke alternatif karbohidrat yang lain, cobalah mulai memangkas porsi nasi Anda sedikit demi sedikit.

Taktik agar cara mencegah diabetes ini berhasil, makanlah menggunakan piring yang lebih kecil. Makan dengan piring kecil membuat Anda secara tidak sadar jadi harus mengurangi porsi makan lebih sedikit dari biasanya.

Baca juga : Kenali Penyakit Ambeien, Penyebab dan Perbedaannya

4. Rutin olahraga

Sebisa mungkin sempatkan waktu untuk melakukan tindakan pencegahan diabetes ini minimal 30 menit sehari. Bahkan, Anda tidak harus sampai memaksakan diri pergi ke gym untuk olahraga, Anda bisa memilih olahraga ringan di dalam rumah.

Ada banyak jenis aktivitas fisik yang terbukti dapat mencegah diabetes pada orang dewasa yang kelebihan berat badan. Berbagai pilihan olahraganya adalah lari, berenang, bersepeda, basket, bulu tangkis, atau angkat beban.

5. Kurangi nonton TV dan main gadget

Kini banyak aplikasi penyedia layanan streaming film dan serial TV yang bisa diunduh di ponsel atau laptop. Tidak heran orang-orang jadi makin tergoda untuk menghabiskan waktu sampai berjam-jam untuk menonton siaran kesayangan.

Risiko ini tidak hanya ada pada orang dewasa, tapi juga pada anak-anak pada studi tahun 2015. Anak-anak TK yang terbiasa menonton TV 1-2 jam setiap hari berisiko sampai 60 persen mengalami kelebihan berat badan.

Efek ini diduga kuat muncul karena kebiasaan ini bisa menyebabkan kegemukan jika dikombinasikan dengan ngemil. Ketimbang menonton TV seharian, lebih baik manfaatkan waktu untuk melakukan tindakan pencegahan diabetes dengan jalan-jalan ke taman, bermain bersama hewan peliharaan, atau berkebun.

Baca juga : Waspadai ! Gejala Ini Pertanda Stroke Ringan, Sering terjadi tiba-tiba

6. Minum banyak air putih

Minum air putih dapat membantu Anda mencegah diabetes karena air putih tidak mengandung gula sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah. Cara mencegah diabetes ini membuat sel-sel tubuh merespon insulin dengan baik. Air putih juga jadi cara ampuh bagi Anda agar tidak mengonsumsi minuman manis terlalu banyak.

Selain mencegah terjadinya diabetes, cukup minum air juga mencegah dehidrasi dan menjaga pasien diabetes dalam mengelola gejala dan mencegah komplikasi.

Nah, supaya Anda terbiasa mengonsumsi air putih untuk mencegah diabetes, mulailah dengan membawa botol minum sendiri ke mana pun Anda pergi. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur Anda.

7. Berhenti merokok

Orang-orang perokok aktif memiliki risiko diabetes 44 persen lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Risiko tersebut meningkat sebanyak 61 persen apabila Anda merokok lebih 20 batang per hari.

Ternyata, merokok dapat mempertebal lemak perut, termasuk pada orang yang tidak obesitas. Penumpukan lemak perut juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya diabetes.

Jika Anda perokok aktif, tidak ada cara mencegah diabetes yang lebih efektif selain berhenti merokok. Meski mencegah diabetes lewat cara ini tak mudah, Anda bisa mulai berusaha untuk menguranginya secara bertahap.

8. Kurangi gula

Sebenarnya, gula tidak langsung menyebabkan diabetes. Akan tetapi, kebanyakan makan manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena gula membuat ketagihan. Bagi Anda yang menyukai makanan manis, membatasi porsinya adalah tindak pencegahan diabetes yang paling baik meski mungkin tidak mudah.

Nah untuk memuaskan hasrat iseng ngemil, tempatkan makanan sehat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian di lokasi yang mudah diakses, seperti di atas meja makan. Taktik ini umumnya berhasil untuk mencegah diabetes pada orang yang suka makanan manis.

Baca juga : Gula Merah Aman Untuk dikonsumsi Penderita Diabetes, Ini Alasannya

9. Hindari hal yang membuat Anda ngidam makanan manis

Cara mencegah diabetes untuk pencinta makanan manis bisa Anda lakukan dengan menghindari stres. Lakukan kegiatan lain yang bisa mengurangi stres sekaligus membantu mencegah diabetes seperti membaca buku, olahraga, atau ngobrol dengan sahabat.

10. Jangan lewatkan makan

Mencegah diabetes bisa dilakukan dengan mengurangi kebiasaan makan banyak. Namun, tidak berarti Anda boleh melewatkan makan. Apalagi pada Anda yang menyukai makanan manis.

Add a Comment