Oleh oleh Khas Blitar Yang Bikin Ketagihan. Bakal Kangen!

PrimaBerita – Blitar, salah satu kota mungil di Jawa Timur ini beberapa tahun belakangan ini mulai mengembangkan potensi wisatanya. Letaknya yang strategis, sering dilewati pemudik atau wisatawan yang akan menuju beberapa kota lain di Jawa Timur.

Tak heran kalau warga dan pemerintah Blitar pun mulai melirik potensi wisata yang bisa mengangkat derajat pedagang kecil. Sajian khas kuliner dan oleh oleh khas Blitar yang tak bisa ditemukan di tempat lain banyak dilirik pelancong yang singgah.

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Blitar:

Wajik kletik

Bahannya sederhana berupa gula kelapa dan beras ketan. Usai dimasak, wajik akan dibungkus dalam daun jagung yang sudah dikeringkan dan diikat dengan tali berwarna-warni.

Namun, banyak juga yang mengemasnya dengan kertas warna-warni. Santapan ini bisa tahan dalam beberapa bulan, sehingga cocok banget untuk jadi buah tangan untuk teman dan keluarga.

Baca juga : Kuliner Khas Natuna Yang Jadi Rebutan Banyak Wisatawan

Uceng goreng

Mirip ikan wader, ikan uceng merupakan ikan air tawar dengan ukuran kecil dan biasanya digoreng dengan tepung. Ikan uceng goreng sangat enak disajikan sebagai lauk atau teman makan nasi dan sayur. Rasa gurih dan asinnya pasti akan membuat nafsu makan meningkat.

Peyek uceng

Selain digoreng, uceng juga sering diolah jadi peyek uceng yang renyah dan bercitarasa gurih. Dijual dalam kemasan plastik, peyek uceng merupakan salah satu alternatif oleh oleh khas Blitar yang pasti disukai kerabat.

Rasa peyek ini mirip dengan peyek teri yang asin, gurih, dan harum daun jeruk. Peyek uceng juga tahan lama, tidak memberatkan, dan tentunya rasanya banyak digemari.

Geti

Makanan khas lain yang akan kamu temui di pusat oleh-oleh khas Blitar adalah geti. Beda dengan beberapa oleh-oleh lain yang gurih, ia bercitarasa manis legit. Terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan sedikit biji wijen yang membuat rasanya seimbang.

Jajanan yang renyah dan sedikit lengket ini pasti akan jadi buah tangan yang dinanti para kerabat di rumah. Harganya murah, rasa yang pasti disukai banyak orang, oleh-oleh ini nggak boleh dilewatkan. Camilan ini seperti perpaduan ampyang dengan bipang.

Baca juga : Oleh-oleh Khas Surabaya Wajib Diburu! Sudah Tahu??

Opak gambir

Bukan opak biasa yang rasanya gurih dan berbentuk kepingan, opak gambir bercitarasa manis dan akan kamu temukan di pusat oleh oleh khas Blitar. Bentuknya unik yaitu kerucut. Teksturnya renyah dan rasanya manis dengan sentuhan rempah yang membuat rasanya nagih.

Kering dan ringan, opak gambir bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh yang nggak bikin ribet. Tahan lama pula expiry date-nya.

Add a Comment