Oleh-oleh Khas Surabaya Wajib Diburu! Sudah Tahu??

PrimaBerita – Surabaya salah satu kota yang menyimpan deretan aneka kuliner nikmat. Berkeliling kota seharian penuh untuk menikmati jajanan dan makanan dari ibu kota Jawa Timur ini. Berburu jajanan atau oleh-oleh khas Surabaya  yang wajib dibawa pulang.

Berikut tujuh rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya

Jenang dan Sirup Mangrove

Dari tangan-tangan kelompok petani hutan bakau di Surabaya, buah mangrove dapat diolah menjadi jenang, sirup, dan minuman cola. Dibandingkan dengan jenang dan sirup mangrove kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan sebutan sirup bogem dan jenang bogem.

Bogem atau Sonnetaria adalah nama buah dari pohon mangrove yang bisa diolah menjadi makanan. Hutan Wisata Mangrove Surabaya merupakan wisata yang menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi.

Spikoe Resep Kuno Surabaya

Kue lapis Spikoe Resep Kuno Surabaya sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Dari awal berdiri hingga kini, Spikoe menggunakan resep kuno sehingga cita rasanya tak berubah.  Proses pembuatannya menggunakan telur yang sangat banyak sehingga teksturnya sangat lembut.

Terdapat dua lapis dalam satu spikoe, kue cokelat dan original. Kue lapis resep kuno menghadirkan manis dari roti, sedikit asam dari selai dan kismis.

Almond Crispy

Belum ke Surabaya jika belum mencoba Almond Crispy. Rasa gurih, manis, creamy dari Almond Crispy yang dihadirkan sakan tiada duanya. Dengan cita rasanya yang lezat dan mampu manjakan lidah, tidak ada salahnya apabila Almond Crispy masuk ke dalam daftar panganan dan camilan yang wajib kamu coba.

Dalam satu Almond Crispy terdapat kue garing yang manis, di atasnya diberi taburan kacang almond dan keju. Makanan ini semakin naik daun dan banyak menambah varian rasa.

Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy sering dicari oleh para pecinta makanan pedas jika berkunjung ke Surabaya. Sambal Bu Rudy memiliki tiga varian: sambal bawang, sambar terasi dan sambal hijau.

Untuk tingkat pedasnya jangan ditanya, dijamin ketagihan. Rasa pedas yang dihadirkan sambal bawang berbaur dengan rasa gurih dari bawang merah. Kemudian sambal terasinya juga memiliki rasa yang pedas dan asin.

Cakue Peneleh

Saat jalan-jalan ke Surabaya jangan lupa untuk mampir ke Cakue Peneleh yang merupakan salah satu jajanan legendaris Surabaya.  Dirintis sejak tahun 1988 yang lalu oleh Tjio Le Loe dan Kho Sioe Yan, awalnya tempat ini menawarkan kue cakwe polos pada umumnya.

Namun di tahun 1994 yang lalu, mereka berinovasi membuat cakwe yang ternyata digemari oleh para pelanggan yang datang. Terdapat cakwe udang yang nagih. Cakwe polos yang ditengahnya diberi adonan udang dan sedikit potongan sayur-sayuran. Kemudian dihidangkan dengan saus tomat asam manis.

Kaos Cak-cuk

Selain Joger Bali, Surabaya juga punya buah tangan kaos dengan kata-kata lucu dan unik. Kaos Cak-cuk bisa menjadi salah satu buah tanganmu saat kembali ke kota asal. Cak-Cuk adalah trademark resmi untuk sebuah kaus oblong yang bertuliskan tentang seluk beluk kota Surabaya. Nama Cak Cuk berasal dari dua kata: Cak dan Cuk.

Cak adalah nama sapaan untuk pria dewasa dalam bahasa Surabaya yang memiliki arti sama seperti mas atau bang. Cuk merupakan kata umpatan khas Surabaya.

Add a Comment