Kuliner Khas Natuna Yang Jadi Rebutan Banyak Wisatawan

PrimaBerita – Kawasan Natuna tengah menjadi sorotan pasca diklaim oleh China. Kawasan dengan keindahan alam ini ternyata juga menyimpan kuliner khas Natuna yang unik dan beragam.

Salah satu pulau terluar di Indonesia ini masuk ke Provinsi Kepulauan Riau. Lokasinya yang agak terpencil membuat Natuna memiliki keindahan alam yang luar biasa, masyarakatnya juga terkenal menjunjung tinggi nilai budaya.

Bukan hanya panorama alam yang mengagumkan, di kepulauan ini juga banyak makanan khas yang sangat unik dengan tampilan yang berbeda. Berikut beberapa kuliner khas Natuna yang bisa jadi santapan kala berkunjung ke pulau ini.

Latoh Silong

Makanan ini disajikan mentah dengan campuran sambal sederhana yang terbuat dari cabai hijau. Latoh silong yang disajikan mentah ini juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Tumbuhan laut yang alami ini juga mengandung tinggi serat dan kaya manfaat, terutama untuk sistem pencernaan.

Kernas

Kernas atau kasam ini terbuat dari bahan baku ikan tuna atau tongkol yang diolah dengan campuran sagu butir. Sekilas tampilannya mirip nugget. Kernas diolah menjadi bentuk kepingan dan biasa dijadikan makanan camilan. Kernas makin enak dinikmati hangat dengan cocolan saus khas yang rasanya pedas segar.

Baca juga: Pesona Natuna, Objek wisata Jarang Terekspos

Bubo Pedies

Bubur khas Melayu ini punya rasa gurih. Biasa disantap hangat dan dipercaya memberi efek menyehatkan untuk tubuh. Rasa bubur ini kuat akan rempah, campuran bumbu dan isiannya juga terbilang komplet.

Tabel Mando

Tabel mando atau tipeng mando ini disebut-sebut sebagai pizza ala Natuna. Tabel mando terbuat dari sagu bulir dan aneka seafood. Campurannya ada ikan tongkol, tuna, kepiting atau gurita. Semuanya diolah segar karena Natuna memang berada di kawasan pesisir yang dikelilingi laut. Tabel mando juga dilengkapi dengan kelapa muda parut dan bumbu khas.

Calok

Calok bukanlah makanan utama, ini sebutan untuk sambal yang terbuat dari udang kecil. Biasanya calok dijadikan makanan pelengkap yang punya rasa pedas dan asin.

Calok biasa jadi pelengkap pada olahan ikan asap atau ikan salai. Sambal ini juga kerap dinikmati bersamaan dengan lalapan. Selain calok, ada juga sambal padek yang terbuat dari fermentasi ikan.

Add a Comment