Virgin Coconut Oil Melindungi Tubuh dari Kanker??

PrimaBerita – Manfaat virgin coconut oil (VCO) untuk kesehatan maupun kecantikan sudah tak diragukan lagi. Bahan alami yang berasal dari daging kelapa ini sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu sebagai obat karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat virgin coconut oil atau minyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan.

Mengurangi Risiko Kanker

Dibandingkan dengan minyak biasa atau mentega, virgin coconut oil dapat menjadi perlindungan yang baik terhadap kanker payudara dan usus besar. Hal tersebut berdasarkan studi yang menunjukkan bahwa VCO mampu menghambat pertumbuhan tumor usus besar dan payudara.

Mengatasi Obesitas

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia. Trigliserida dalam virgin coconut oil dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Kandungan asam lemak dalam VCO juga dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Baca juga: Virgin Coconut Oil, Makanan Paling Sehat di Dunia

Meningkatkan kesehatan kulit

VCO memiliki dampak yang luar biasa pada kulit. Minyak ini sangat baik sebagai pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya. Minyak kelapa merupakan solusi perawatan kulit yang sempurna karena bersifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan mampu menyembuhkan luka.

Minyak ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan kulit kronis seperti eksim, dermatitis atopik, psioriasis, radiasi UV, dermatitis, xerosis atau kulit kering, serta mempercepat penyembuhan luka dan meredakan luka bakar.

Pada kulit yang sehat sekalipun, mengoleskan virgin coconut oil dapat melindungi kulit dari sinar UV dan menghilangkan bekas luka.

Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

VCO kaya akan asam laurat yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan jantung dengan tidak hanya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, tetapi juga membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). 

Dalam sebuah uji coba yang diterbitkan dalam Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa konsumsi harian 2 sendok makan virgin coconut oil mampu meningkatkan kolesterol HDL. 

Baca juga: 20.000 Ton Beras Bulog Terancam Busuk, Ini Penyebabnya

VCO bermanfaat menyehatkan dan menguatkan rambut

VCO telah banyak digunakan oleh wanita di daerah pesisir pantai tropis sebagai rangkaian perawatan rambutnya sehari-hari. Manfaat virgin coconut oil adalah membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut.

Selain itu, VCO juga mampu melembutkan rambut dan membersihkan rambut kita dari ketombe. Mengaplikasikan VCO pada rambut rusak maupun sehat dapat menambah kadar protein dan melindungi batang rambut. Manfaat ini juga bisa diterapkan pada kuku untuk mencegahnya dari kerapuhan.

Virgin coconut oil juga sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan dengan mengurangi pembentukan rambut bercabang karena proteinnya yang tinggi mengisi celah di antara sel-sel rambut dan melindunginya dari kerusakan kimia yang keras.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Virgin coconut oil mengandung asam laurat (monolaurin) yang telah terbukti untuk melawan bakteri dan menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat untuk virus, mengingat saat ini banyak penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat, jamur, virus dan parasit dalam tubuh. 

Menurunkan Berat Badan

VCO dipercaya mampu membantu membakar lemak, terutama di daerah perut, dan mengurangi nafsu makan. Tidak seperti lemak lainnya, asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa ini tidak menyebar dalam aliran darah sehingga dapat mencegah hiperkolesterolemia (kadar kolesterol darah tinggi).

Baca juga: Dapatkan Perut Sixpack dan Seksi Hanya Dalam Seminggu

Mengatasi Diabetes

Mengonsumsi ekstra virgin oil dapat mengontrol kadar gula darah karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Ini adalah salah satu manfaat VCO yang belum banyak diketahui. Ketika sel-sel resisten insulin, pankreas terus memompa lebih banyak insulin dan menciptakan kelebihan dalam tubuh. Ini bisa berbahaya karena resistensi insulin merupakan penyebab diabetes tipe 2.

Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Neurobiology of Aging pada 2004 menemukan bahwa kandungan asam lemak dalam VCO dapat meningkatkan memori pada lansia. Peningkatan kemampuan mengingat juga dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi asam lemak pada VCO.

Baca juga: Penelitian Membuktikan Turunkan Kolesterol Darah Dengan Olahraga Ini.

Add a Comment