Kesehatan

Penelitian Membuktikan Turunkan Kolesterol Darah Dengan Olahraga Ini.

PrimaBerita – Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol darah. Hal ini tentu akan berimbas pada menurunnya risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, aterosklerosis, penyakit jantung, stroke, dan lain-lain.

Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh olaharga ini yang cenderung mirip seperti rekreasi yang menyenangkan. Tak hanya itu, manfaat kesehatan dari olahraga ini juga sangat besar, termasuk dalam hal menurunkan kadar kolesterol jahat.

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam International Journal of Aquatic Research and Education pada 2010 lalu menghasilkan fakta bahwa berenang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat lebih efektif dibandingkan dengan berjalan. Olahraga ini juga akan menurunkan berat badan dan mengendalikan distribusi lemak tubuh dengan lebih baik.

Berjalan cepat

Berjalan cepat bisa memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Ateriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology pada 2013 silam. Dalam penelitian yang melibatkan puluhan ribu partisipan yang melakukan aktivitas olahraga secara teratur ini, disebutkan bahwa berjalan cepat ternyata membutuhkan energi yang hampir setara sebagaimana saat berlari. Hal ini bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jogging

Berlari atau jogging juga bisa memberikan manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang meningkat saat melakukannya. Hal ini ternyata bisa berimbas pada penurunan tekanan darah sekaligus penurunan kadar kolesterol dengan efektif.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Archives of Internal Medicine yang terbit pada 2013 silam, dihasilkan fakta bahwa lari jarak jauh bisa membuat kadar kolesterol baik meningkat dengan signifikan. Kondisi tekanan darah juga akan semakin membaik.

Baca juga: Berat Badan Tetap Terjaga Hanya Dengan Tidur Berkualitas