Manfaat Belerang untuk Kecantikan dan Kesehatan

Prima Berita – Belerang atau sulfur adalah jenis mineral yang biasanya ditemukan dalam bentuk batuan kristal di pegunungan. Bukan hanya dikenal sebagai bahan baku pembuat baja, beberapa produk untuk kulit juga sering mengandung belerang.

Ternyata belerang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan loh. Check it out guys!

  • Menjaga kebersihan pori-pori dan mencegah jerawat

Beberapa produk antijerawat biasanya mengandung sulfur. Mineral alami berbau menyengat ini mampu membunuh bakteri yang menyumbat dan mengiritasi pori-pori kulit. Selain itu, belerang juga mampu mengurangi penumpukan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori. Sulfur juga dianggap lebih ringan dibanding benzoil peroksida untuk mengobati jerawat. Benzoil peroksida cenderung menimbulkan reaksi alergi, iritasi, atau kulit terkelupas.

Belerang juga digunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi. Sulfur bersifat keratolitik yaitu dapat mengupas lapisan kulit luar sehingga cocok digunakan untuk mengangkat sel-sel kuli mati. Seorang juru bicara untuk merek perawatan kulit mewah Gazelli menambahkan bahwa belerang digunakan dalam banyak masker wajah dan dapat digunakan untuk membantu mengontrol dermatitis.

  • Mencegah penuaan kulit

Penuaan dapat dicegah atau diperlambat dengan produk antiaging alias peremajaan. Nah, belerang sering ditambahkan pada produk-produk peremajaan tersebut. Belerang dapat membunuh bakteri yang merusak kulit sekaligus merangsang produksi kolagen.

  • Digunakan sebagai obat untuk eksim dan rosacea

Eksim dan rosacea adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan juga iritasi. Nah, obat berbasis sulfur sering kali diresepkan sebagai ganti dari antibiotik penyakit rosacea. Belerang yang bersifat antiradang di kulit ini dapat mengatasi gejala rosacea. Selain rosacea, belerang menjadi obat yang paling direkomendasikan untuk mengatasi eksim. Belerang yang bersifat terapeutik dapat mengurangi gejala eksim seperti kulit kering, bercak gatal, dan juga peradangan.

Walaupun manfaat belerang sangat melimpah untuk kecantikan dan kesehatan kulit, pakai belerang tidak boleh asal-asalan. Belerang bisa memengaruhi tingkat keasaman kulit sehingga bisa memperparah iritasi dan mengganggu lapisan pelindung kulit. Terutama untuk orang yang memiliki kulit sensitif atau kulit kering. Sebaiknya, konsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum menggunakan belerang.

Simak juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung!

 

Add a Comment