Cara Mudah Menurunkan Kolesterol, Melalui Pola Makan

kolesterol

PrimaBerita – Kolesterol jahat dalam tubuh dengan jumlah yang banyak akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan kardiovaskular. Dengan pola makan yang sehat anda bisa menurunkan kolesterol dengan cara yang mudah.

Kadar LDL yang tinggi ini dapat memberikan peningkatan risiko kematian dini sebesar 30%. Biasanya permasalahan terkait kolesterol yang orang dewasa alami. Kebiasaan dan pola makan yang tidak cukup sehat membuat peningkatan LDL (kolesterol buruk) akan melampaui HDL (kolesterol baik).

Ketika kolesterol buruk naik anda perlu beberapa penanganan baik yang alami maupun medis untuk mengembalikan ke kadar yang normal. Jika anda biarkan, maka LDL yang terus meningkat perlahan akan menjadi pembunuh yang mematikan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Cara Mudah Menurunkan Kolesterol, Melalui Pola Makan

Kurangi Konsumsi Daging

Pada penelitian tahun 2019, orang dewasa antara usia 21 – 65 tahun menjadi partisipan untuk melihat pengaruh pola makan pada kadar kolesterol. Hasilnya peserta yang mengonsumsi  asupan nabati mengalami penurunan kolesterol yang lebih signifikan daripada yang menjalankan diet hewani.

Banyak Konsumsi Serat

Terbagi menjadi 2 jenis, yaitu serat larut dan tidak larut. Jenis serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah serat larut. Ia mampu mengikat kolesterol yang ada dalam usus dan mengeluarkannya melalui feses. Bahkan konsumsi 5 – 10 gram serat larut sehari terbukti dapat menurunkan kadar kolesteroltotal

Banyak terdapat pada makanan biji utuh seperti gandum. Bahkan penelitian pada European Journal of Clinical Nutrition membuktikan makan gandum dapat membantu menurunkan kadarLDL.

Gunakan Minyak dari Biji-Bijian

Minyak yang terbuat dari biji seperti bunga matahari, safflower dan biji rami (flax seed) justru terbukti lebih efektif menurunkan LDL atau kolesterol buruk. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa safflower menjadi minyak yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL serta total kolesterol.

Mulai dengan mengganti minyak yang berasal dari lemak hewani seperti mentega menjadi minyak yang berasal dari biji-bijian. Anda bisa juga bisa meningkatkan penggunaan minyak kelapa untuk membantu menaikkan kadarHDL atau kolesterol baik.

Menggantikan Lemak Jenuh dengan Lemak Tak Jenuh

Lemak jenuh banyak sekali anda temukan dalam produk hewani bahkan seperti susu.

Meskipun lemak jenuh memberikan rasa yang lebih lezat. Tetapi dengan mengurangi asupan lemak jenuh kalori akan mudah anda pangkas hingga 5% – 6%. Salah satu lemak tak jenuh  ialah buah alpukat, anda juga mengonsumsinya dengan rutin.

Kurangi Merokok

Merokok dapat meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar HDL. Sebuah ulasan kesehatan bahkan menemukan jika sekali saja berhenti merokok, kadar HDL dapat meningkat dengan cepat bahkan hingga 30%.

Menurut WHO, bahkan orang yang telah berhasil berhenti merokok selama setahun terbukti mengalami penurunan risiko penyakit jantung. Untuk membantu kesehatan jantung, konsumsi wine dalam takaran tepat juga pernah disarankan.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 2017 lalu, setengah hingga segelas wine sehari bekerja baik untuk jantung. Bahkan asupan wine yang tepat ini diasosiasikan dengan penurunan kadar LDL.

Add a Comment