Awasi Tanda Gejala Stroke di Kemudian Hari

Prima Berita – Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke area otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Nyatanya, ada beberapa tanda yang akan ditunjukkan tubuh untuk memberi peringatan akan stroke di kemudian hari. Jangan diabaikan.

Kadar kolesterol tinggi

Tingkat optimal diperkirakan di bawah 150 mg/dL untuk trigliserida, di bawah 100 mg/dL untuk LDL, di atas 50 mg/dL untuk HDL dan di bawah 200 mg/dL untuk kolesterol total. Rekomendasi baru menyatakan bahwa diet kolesterol bukanlah penyebab kolesterol darah tinggi, tetapi sebaliknya bahwa lemak makanan dan faktor genetik yang menyebabkan kolesterol tinggi. Ini adalah perbedaan tipis yang benar-benar berarti banyak terkait diet.

Tekanan darah yang tidak terkontrol

Kabar baiknya adalah tekanan darah bisa ditangani dengan obat-obatan, diet dan penyesuaian gaya hidup seperti mengurangi stres dan tidak merokok. Pastikan mengunjungi dokter untuk mencari tahu tekanan darah, dan di bawah pengawasan dokter, mulailah lakukan perubahan jika diperlukan.

Stres yang tersembunyi

Beberapa orang stres karena memiliki beban dalam menyembunyikan sesuatu, hidup dengan amarah, terus mencoba untuk mengesankan seseorang yang sulit merasa puas atau tanpa henti mengejar pengakuan. Mengatasi stres yang tidak terlihat sama pentingnya dengan mengatasi stres yang nyata.

Gula darah tinggi

Gula darah tak menentu, secara kronis bisa meningkatkan gula darah atau diabetes tidak terkontrol bisa merusak pembuluh darah, meningkatkan risiko terhadap stroke. Pastikan memeriksakan diri secara teratur ke dokter sehingga mendapatkan skrining diabetes dan pengobatan yang tepat melalui diet atau obat-obatan, sesuai kebutuhan.

Mengabaikan mini-stroke

Kebanyakan orang tidak akan mengenali mini-stroke. Jika memiliki salah satu dari tanda-tanda atau gejala mini-stroke, kalian perlu mendapatkan perhatian medis segera, karena ini adalah tanda peringatan paling penting pada risiko stroke.

Penyakit jantung

Jika sesak napas ketika berjalan atau mengalami nyeri dada, maka kalian berisiko besar terhadap stroke atau serangan jantung. Jangan menunda mendapatkan perhatian medis jika pernah mengalami nyeri.

Baca juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

 

Add a Comment